Page 2 of 8 FirstFirst 1234 ... LastLast
Results 11 to 20 of 80

Thread: How to make subtitution chords?

  1. #11
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by vedy View Post
    klo gue suka ganti cord V dgn ngambil diminished dari nada ketiganya cord tsb.. contoh maen di C, V-nya G suka gue ganti pake Bdim.. tau tuh bener apa ga.. kedengerannya sih enak2 aja..
    bener banget, kalo V nya dominant, jadi ntar coloring chordnya jadi G7b9..

  2. #12
    kalo lagi comping asal liat2 jg ama tema dan siapa yang kita iringin jg sih...hehehe...vedy sih gahar deh *walau baru liat mukanya doang*
    "you play what you hear" - Joe Pass

  3. #13
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    89
    ada lagi nggak cara subs chord yg laen?
    kalo dah komplit ntar bikin topik mengenai inversi, abis itu chord melody..sedap..hehehe

  4. #14
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    2,312
    Nama asli
    asli
    Rep Power
    115
    klo IVminor diganti VII udah ya..
    klo IVminor diganti sama dim dari +9nya gmn? jadi coloringnya cord V 7-9 juga bukan?

  5. #15
    Join Date
    May 2007
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    23
    Rep Power
    76
    bingung neh...
    kelas berat smua bahasannya

  6. #16
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by vedy View Post
    klo IVminor diganti VII udah ya..
    klo IVminor diganti sama dim dari +9nya gmn? jadi coloringnya cord V 7-9 juga bukan?
    sorry gak gitu jelas ved,..
    coba pake contoh chordnya (mungkin istilah kita agak beda..)

    Quote Originally Posted by Slash Chords View Post
    bingung neh...
    kelas berat smua bahasannya
    tenang aja Slash..
    ntar diakhir diskusi gue kasih rangkuman ama contoh2nya..

    *gue sih ngarepin novi ama dede neh kasih elmunya, jgn diumpetin terus dong..hehehe

  7. #17
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    2,312
    Nama asli
    asli
    Rep Power
    115
    Quote Originally Posted by aisyi View Post
    sorry gak gitu jelas ved,..
    coba pake contoh chordnya (mungkin istilah kita agak beda..)
    misal di C, Fminornya bisa diganti pake G#dim ga?

  8. #18
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    89
    biasanya dim mesubstitusi dominant bukannya minor..
    nih aku dapet dari wikipedia :

    The diminished seventh chord is often used in place of a dominant 7th chord. In the key of A Major the V chord, E dominant 7th (which is made up the notes E, G#, B, and D) can be substituted with a G# diminished seventh chord (G#, B, D, F). If the diminished seventh chord (G#) is followed by the I chord (A), this creates chromatic root movement, which can add musical interest in a song mainly constructed around the interval of the fourth or fifth.

  9. #19
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    2,312
    Nama asli
    asli
    Rep Power
    115
    oh gitu ya.. ok..
    klo IVmin sebagai pengganti V gmn?

    misal kadens
    Amin7 D7 GM7 Emin7

    diganti jadi:

    Amin7 Cmin Bmin7 Bdim7

  10. #20
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    89
    D7 = D F# A C
    Cm7 = C Eb G Bb

    cuma ada 1 not yg sama jadi kayaknya sih gak bisa tuh ved..
    Bisa juga kalo mao D7 disub ama F# dim, chord bakal jadi D7b9..

Page 2 of 8 FirstFirst 1234 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •