Page 1 of 7 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 63

Thread: Dasar Jalur/cord struktur musik Jazz

  1. #1
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Banjarbaru
    Posts
    24
    Nama asli
    Gusti Muhammad Riduan
    Rep Power
    68

    Dasar Jalur/cord struktur musik Jazz

    maaf kalo judul threadnya keliru !

    Sebagai seorang Rocker saya tertarik mempelajari Jazz tapi ada beberapa pertanyaan dasar nich kepada para suhu jazz :

    1.gimana sih struktur kord jazz itu ?
    misal :

    C-Dm-Em-F-G-Am-Bm

    Klo di Jazz gimana ? kadang ga bisa di tebak cordnya !

    2.Jalur Melodinya ?

    klo di dengar sekilas,seperti maen asal2an tapi klo di cari susahnya minta ampun


    thank's

  2. #2
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    In Your Heart...
    Posts
    2,433
    Nama asli
    maqbul eka putra
    Rep Power
    117
    naaaah.....ini mah jatahnya Aisyi yg ngejelasin..........
    ~Claps 4 Dancing & Dance 4 Life~

    [URL=http://imageshack.us][/URL]

  3. #3
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    90
    Quote Originally Posted by N@tural View Post
    1.gimana sih struktur kord jazz itu ?
    misal :

    C-Dm-Em-F-G-Am-Bm

    Klo di Jazz gimana ? kadang ga bisa di tebak cordnya !

    gue coba jelasin ye..walaupun gue bukan suhu jazz..
    Progresi chord semacam ini bisa dikembangkan dg sangat luas di jazz. Dg beranggapan bahwa dalam 1 bar ada 2 chord (plg banyakumumnya ya..),maka kl saya boleh tulis ulang progresi chord diatas sbb :

    || C . Dm . | Em . F . | G . Am . | Bm (?) . . .||

    Bm saya beri tanda tanya krn benarkah maksud anda Bm (atau Bm7b5?). Krn kl Bm maka harmoni akan bergeser ke Do=A atau Do=D. Ok saya anggap Bm7b5 saja ya, supaya lebih mudah, kan ini baru basic saja...

    || C . Dm . | Em . F . | G . Am . | Bm7b5 . . .||

    pertama kali dlm jazz (walaupun bukan hal yg mutlak), ekstensi minimal umumnya adalah 7. Jadi Progresi ini bisa kita ubah menjadi:

    || CM7 . Dm7 . | Em7 . FM7 . | G7 . Am7 . | Bm7b5 . . .||

    lalu apalagi?...kita dpt lakukan embelisment (mempercantik) chord sesuka kita dg menambah atau mengurangi ekstensi chord, misal:

    || C6/9 . Dm9 . | Em11 . FM7 . | G13 . Am9 . | Bm7b5 . . .||

    lalu gimana kl belon puas?
    ..kita bisa melakukan substitusi chord, misal:

    || C6/9 Em7 Dm9 FM7 | Em11 GM7 FM7 Dm7 | G13 Bm7b5 Am9 . | G7 Bm7b5 . .||

    belon puas juga ?
    kita lakukan perubahan fungsi chord jd dominan, bebas aja...misal:

    || C6/9 E7 D9 FM7 | E11 G7 FM7 Dm7 | G13 Bm7b5 A9 . | G7 Bm7b5 . .||

    hmmm..kayaknya belon puas juga nih...ok..kita alter ya..misal:

    || C6/9 E7b9 D9b5 FM7#11 | E11 G7b9#5 FM7 Dm7b5 | G13b9 Bm7b5 A9#5 . | G13b9 Bm7b5 . .||

    ya begitulah kira2...

    Quote Originally Posted by N@tural View Post
    2.Jalur Melodinya ?
    klo di dengar sekilas,seperti maen asal2an tapi klo di cari susahnya minta ampun
    thank's
    tidak ada jazzer yg main asal2an, semuanya bisa dijelaskan..(itu kata joe pass loh..)

    Jalur melodi tergantung pendekatan anda terhadap improvisasi itu, bisa:
    - modal approach
    - chromatic approach
    - cordal approach
    - melodic structure
    - pattern
    - intervallic approach
    dll

    atau plg bagus kombinasi modalitas pendekatan improv tsb,..(disini anda dah nyampe tk yg advance yah..)

    Moga2 bermanfaat...
    Last edited by aisyi; 27-01-2009 at 01:59.

  4. The Following 8 Users Say Thank You to aisyi For This Useful Post:

    bamberger (12-01-2012), Bob Jansen (13-03-2010), edo poerwono (13-01-2010), marpen (12-05-2010), mas_sumenep (16-05-2010), oriont (15-01-2010), pemula (24-03-2011)

  5. #4
    Join Date
    Dec 2008
    Posts
    51
    Nama asli
    tyo
    Rep Power
    67
    wah keren bgt penjelasan nya.... miring2 yah chord na... susah di finger nih klo lom terbiasa .... thanks bgt nih...

    jalur nya bener2 mencerahkan....

  6. #5
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Depok - Tarakan
    Posts
    1,097
    Nama asli
    yudo bintang
    Rep Power
    95
    Aisyi: wuihhh mas ais ...
    mabok gw nyerna cord'y ...

  7. #6
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Banjarbaru
    Posts
    24
    Nama asli
    Gusti Muhammad Riduan
    Rep Power
    68
    Quote Originally Posted by aisyi View Post
    Jalur melodi tergantung pendekatan anda terhadap improvisasi itu, bisa:
    - modal approach
    - chromatic approach
    - cordal approach
    - melodic structure
    - pattern
    - intervallic approach
    dll

    nah klo yang ini gimana nih om aisyi ? ada tablaturenya ga ya ato apa aja deh yang penting bisa di baca aja

    makasih Om Ilmunya....

  8. #7
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    783
    Nama asli
    aisyi
    Rep Power
    90
    wah..jgn panggil om...aku macih anyak2...

    kl om Riduan mau tau ttd cara2 improp diatas emang musti pelan2 om...
    dan biacanya cih ngga bica otodidak om..musti belajar ama guru geto...

  9. #8
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Surabaya
    Posts
    135
    Nama asli
    andri
    Rep Power
    71
    Quote Originally Posted by aisyi View Post
    wah..jgn panggil om...aku macih anyak2...

    kl om Riduan mau tau ttd cara2 improp diatas emang musti pelan2 om...
    dan biacanya cih ngga bica otodidak om..musti belajar ama guru geto...
    Bahasa nya kaya bahasa SMS anak SMU yang gaul2 ...
    Waaahhh....Beneran ABG ya mas Ais ini ???
    Huahahaha

  10. #9
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    In Your Heart...
    Posts
    2,433
    Nama asli
    maqbul eka putra
    Rep Power
    117
    Dok, gue nyanyi aja deh....
    chord begituan udah diluar jangkauan sinyal gue....
    ~Claps 4 Dancing & Dance 4 Life~

    [URL=http://imageshack.us][/URL]

  11. #10
    Join Date
    May 2007
    Location
    Fish & Crocodile City
    Posts
    3,572
    Nama asli
    Daniel Renatan
    Rep Power
    127
    suhu Aisyi, itu pake subsititusi yang ini ya:

    One equal Three & Six
    Two equal Four
    Three equal Five


    itu ya? (mbuh kalo salah mohon dibenerin...)

    GBU.
    _____
    Guitar for God and Guitar for Good

Page 1 of 7 123 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Dasar-dasar komponen elektronik (Kapasitor)
    By danz_brito in forum Korner elektronik & DIY
    Replies: 10
    Last Post: 31-03-2010, 03:29
  2. Dasar-dasar Komponen Elektronika (resistor)
    By danz_brito in forum Korner elektronik & DIY
    Replies: 22
    Last Post: 31-07-2009, 03:20
  3. Vocal cord nodule : hati2 para vokalis!!
    By aisyi in forum Korner Kesehatan Musisi
    Replies: 19
    Last Post: 14-10-2008, 09:39

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •