Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: Sinusitis

  1. #1
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,329
    Nama asli
    Santang Lesmana
    Rep Power
    93

    Sinusitis

    Semenjak gw kecelakaan motor 2002 lalu hidung gw ga pernah beres deh. karena benturan (ga jelas bentur apaan) pipi kiri, sampai dahi gua bengkak, waktu dirawat ingus(maaf) gw bercampur darah terus. tapi darah beku yang memang akibat benturan itu, berangsur jadi bening setelah proses kesembuhan. setelah itu hidung gw sensi banget, terutama yang kiri. dan sekarang kayanya kumat lagi, pipigw bengkak, dan ada tekanan ke gigi, sakit sih engga tapi ga betah aja, terus dahi kiri gua kayaknya 'tebel' gitu. oh ya 2004 sinus gw pernah di operasi penyedotan liwat tulang sinus hidungnya. semenjak itu ya lumayan.

    any doctor around here? please help.
    [URL="http://www.reverbnation.com/rvsbatavia"]www.reverbnation.com/SoniKLite[/URL]
    Click [URL="http://www.reverbnation.com/tunepak/3157957"]here[/URL] for streaming SoniKLite

    [URL="http://www.reverbnation.com/c./a4/2556045/1277111/Artist/1277111/Artist/link"]
    [/URL]
    [URL]http://www.reverbnation.com/c./a4/2556045/1277111/Artist/1277111/Artist/link[/URL]

  2. #2
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Pamulang RoCK CitY..
    Age
    29
    Posts
    597
    Nama asli
    arie
    Rep Power
    74
    wah sama mas sant ! cuman klo gw bukan gara2 kecelakaan motor,,gara2 gw dlu klo pilek gak pernah gw kluarin ingusnya,gw sedot2 terus,,makanya pipi gw bengkak kiri-kanan,,pas di rontgen,ternyata pipi gw bengkak itu gara2 ingus gw numpuk smua di bawah pipi ! hiiyyyyyy
    tp untungnya gw blom pernah di operasi,,cuman di suruh keluarin aja,,hiiyyy,,gimana nih para dokter?analisanya please,,
    [B]cup cup didaaaa cupudidadaaaaaa[/B]

  3. #3
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    572
    Nama asli
    Leo
    Rep Power
    75
    bro, kenapa ga segera cek aja ke dr. spesialis THT ? Just in case, mungkin ada hub nya dng pasca operasi sinus nya. ya entahlah, ini cuma dugaan gw yg awam kedokteran. Semoga aja bukan something serious ya.

    btw. ini gw coba kutip informasi seputar sinusitis. Mdh2an membantu utk membayangkan situasi yg ada diseputar hidung dan gangguannya. Kalo ga menjawab, ya mohon maaf, anggap aja sekedar nformasi tambahan.

    cheers..

    **

    Apakah sinusitis itu?


    Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Sinusitis banyak ditemukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari alergi terhadap debu dan sari bunga. Sinusitis juga dapat disebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan dilupakan kalau sinusitis juga bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Tulisan kali ini lebih menitikberatkan pembahasan pada sinusitis yang disebabkan oleh infeksi.

    Apakah sinus itu?

    Sinus atau sering pula disebut dengan sinus paranasalis adalah rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang berfungsi untuk memperingan tulang tenggkorak. Rongga ini berjumlah empat pasang kiri dan kanan.

    Ada beberapa sinus yang terdapat dalam tengkorak kepala kita yaitu:

    sinus maksilaris (di daerah tulang pipi)
    sinus frontalis (di daerah dekat alis mata)
    sinus etmoidalis (di daerah antara dua mata)
    sinus sfenoidalis (di belakang sinus etmoidalis)

    Dinding sinus terutama dibentuk oleh sel sel penghasil cairan mukus. Udara masuk ke dalam sinus melalui sebuah lubang kecil yang menghubungkan antara rongga sinus dengan rongga hidung yang disebut dengan ostia. Jika oleh karena suatu sebab lubang ini buntu maka udara tidak akan bisa keluar masuk dan cairan mukus yang diproduksi di dalam sinus tidak akan bisa dikeluarkan.

    Sinus menjadikan tulang tengkorak kepala kita ringan (bayangkan bila seluruh kepala kita terdiri dari tulang padat tanpa ada rongga) dan juga berfungsi untuk resonansi suara.


    Apa yang menyebabkan sinusitis?

    Sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur.

    Apa saja tipe sinusitis?

    Sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe besar yaitu berdasarkan lamanya penyakit (akut, subakut, khronis) dan berdasarkan jenis peradangan yang terjadi (infeksi dan non infeksi). Disebut sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara 1 bulan sampai 3 bulan, sedangkan sinusitis khronis bila penyakit diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan sinusitis non infeksi sebagian besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia. Sinusitis subakut dan khronis sering merupakan lanjutan dari sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat.

    Apa saja gejala sinusitis?

    Gejala sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri pada daerah wajah, serta demam. Hampir 25% dari pasien sinusitis akan mengalami demam yang berhubungan dengan sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk. Beberapa pasien akan merasakan sakit kepala bertambah hebat bila kepala ditundukan ke depan. Pada sinusitis karena alergi maka penderita juga akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti gatal pada mata, dan bersin bersin.

    Bagaimana mendiagnosa sinusitis?

    Sinusitis sebagian besar sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan pada riwayat keluhan pasien serta pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter. Hal ini juga disebabkan karena pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI yang walaupun memberikan hasil lebih akurat namun biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Pada pemeriksaan fisik akan ditemukan adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI baru diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal. Rhinoskopi, sebuah cara untuk melihat langsung ke rongga hidung, diperlukan guna melihat lokasi sumbatan ostia. Terkadang diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk dilakukan pemeriksaan kuman. Pemeriksaan ini berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi.

    Bagaimana mengobati sinusitis?

    Untuk sinusitis yang disebabkan oleh karena virus maka tidak diperlukan pemberian antibiotika. Obat yang biasa diberikan untuk sinusitis virus adalah penghilang rasa nyeri seperti parasetamol dan dekongestan. Curiga telah terjadi sinusitis infeksi oleh bakteri bila terdapat gejala nyeri pada wajah, ingus yang bernanah, dan gejala yang timbul lebih dari seminggu. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati dengan menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus karena untuk mendapatkan antibiotika yang benar benar pas harus menunggu hasil dari biakan kuman yang memakan waktu lama. Lima jenis bakteri yang paling sering menginfeksi sinus adalah Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus pyogenes. Antibiotika yang dipilih harus dapat membunuh kelima jenis kuman ini. Beberapa pilihan antiobiotika antara lain amoxicillin, cefaclor, azithromycin, dan cotrimoxazole. Jika tidak terdapat perbaikan dalam lima hari maka perlu dipertimbangkan untuk memberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Pemberian antibiotika dianjurkan minimal 10 sampai 14 hari. Pemberian dekongestan dan mukolitik dapat membantu untuk melancarkan drainase cairan mukus. Pada kasus kasus yang khronis, dapat dipertimbangkan melakukan drainase cairan mukus dengan cara pembedahan.

    Apa komplikasi dari sinusitis?

    Komplikasi yang serius jarang terjadi, namun kemungkinan yang paling gawat adalah penyebaran infeksi ke otak yang dapat membahayakan kehidupan.

    Kesimpulan

    Sinusitis jika diobati secara dini dengan pengobatan yang tepat akan mampu sembuh dengan baik. Segeralah ke dokter jika anda menjumpai gejala gejala sinusitis**

    source : blogdokter@2007-2008
    Gitar boleh Kere, yang penting mainnya Kece..

  4. #4
    Join Date
    Aug 2008
    Posts
    138
    Nama asli
    jeansen
    Rep Power
    71
    speakloud: bro,gw punya bberapa pertanyaan: di tahun 2004 itu, u dioperasi sinus kenapa? semenjak operasi sinus itu, kamu rajin kontrol ga? ada alergi ga ?thx

  5. #5
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,329
    Nama asli
    Santang Lesmana
    Rep Power
    93
    Quote Originally Posted by jeansen View Post
    speakloud: bro,gw punya bberapa pertanyaan: di tahun 2004 itu, u dioperasi sinus kenapa? semenjak operasi sinus itu, kamu rajin kontrol ga? ada alergi ga ?thx
    to all, thx 4 the attention, ya karena mampet mulu dah over keluar terus cairannya. ga pernah kontrol setelah beberapakali. alergi ga ada. tapi semenjak sinus ya dingin udara bisa mengakibatkan gua bersin. roko asap kendaraan dan debu sejak gw sinusitis itu berpengaruh banget.

    nah sekarang sudah sekian lama pipi gw bengkak karena ada tekanan (rasa ga nyaman sama gigi) gw jd bingung periksa gigi dulu ato sinus dulu
    [URL="http://www.reverbnation.com/rvsbatavia"]www.reverbnation.com/SoniKLite[/URL]
    Click [URL="http://www.reverbnation.com/tunepak/3157957"]here[/URL] for streaming SoniKLite

    [URL="http://www.reverbnation.com/c./a4/2556045/1277111/Artist/1277111/Artist/link"]
    [/URL]
    [URL]http://www.reverbnation.com/c./a4/2556045/1277111/Artist/1277111/Artist/link[/URL]

  6. #6
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    572
    Nama asli
    Leo
    Rep Power
    75
    Quote Originally Posted by speakloud View Post
    to all, thx 4 the attention, ya karena mampet mulu dah over keluar terus cairannya. ga pernah kontrol setelah beberapakali. alergi ga ada. tapi semenjak sinus ya dingin udara bisa mengakibatkan gua bersin. roko asap kendaraan dan debu sejak gw sinusitis itu berpengaruh banget.

    nah sekarang sudah sekian lama pipi gw bengkak karena ada tekanan (rasa ga nyaman sama gigi) gw jd bingung periksa gigi dulu ato sinus dulu
    bro, kalo denger cerita elo ini, saran gw sih (ini saran orang awam yg juga punya gangguan sinus, gw bukan dokter hehe) baiknya elo cek ke THT lagi aja. Kalo emang ga ada gangguan sinus dan ternyata krn gigi, dari situ baru cek ke dr. gigi. Soalnya ente kan ada histori sinusitis nya..

    It's just my opinion yg sok tau aja, mungkin saran para dokter beneran di forum ini bisa lebih dipertanggung-jawabkan

    cheers
    Gitar boleh Kere, yang penting mainnya Kece..

  7. #7
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,329
    Nama asli
    Santang Lesmana
    Rep Power
    93
    Quote Originally Posted by wong ndeso View Post
    bro, kalo denger cerita elo ini, saran gw sih (ini saran orang awam yg juga punya gangguan sinus, gw bukan dokter hehe) baiknya elo cek ke THT lagi aja. Kalo emang ga ada gangguan sinus dan ternyata krn gigi, dari situ baru cek ke dr. gigi. Soalnya ente kan ada histori sinusitis nya..

    It's just my opinion yg sok tau aja, mungkin saran para dokter beneran di forum ini bisa lebih dipertanggung-jawabkan

    cheers
    thx to all, besok selasa gua cek dokter...hix i hate talkin with doctor..(konsultasi maksudnya, kalo ngobrol biasa ok hehehe), soalnya talkin2 duank...bress 300 rebu ngelayang dari kantorng
    [URL="http://www.reverbnation.com/rvsbatavia"]www.reverbnation.com/SoniKLite[/URL]
    Click [URL="http://www.reverbnation.com/tunepak/3157957"]here[/URL] for streaming SoniKLite

    [URL="http://www.reverbnation.com/c./a4/2556045/1277111/Artist/1277111/Artist/link"]
    [/URL]
    [URL]http://www.reverbnation.com/c./a4/2556045/1277111/Artist/1277111/Artist/link[/URL]

  8. #8
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Doesoenkoetertjinta
    Posts
    9
    Nama asli
    H.Adi
    Rep Power
    0

    Sinusitis

    Cuman Mau berbagi info & Pengalaman :

    > +/- Tahun 94 an Kena Sinus pertama, langsung pensiun jadi pokalisss orkes kampuuung, gara2 klamaan ngisep bau bensin yg Bocor dari Tangki Moge, slama 3 tahun kalo ngroko' , asep cuman kluar dari lobang hidung sbelah kanan .. Antik khan ??

    > tahun 95 operasi sinusitis pertama di Dokter Specialist THT , Jam 10 operasi bius lokal , jam 12 siang perbannya ( yg panjangnya ber meter2 ) dirongga hidung Ane Cabut Sendiri ... bdarah2 ..gara2 ngga kuat nahan pengen ngisep Samsu kesayangan... Utk smentara hidung pesek ini ..normal sampe 2 tahun

    > tahun 97 kambuh lagi .. rada parah, kalo tidur pengennya miring terus biar hidung plong.. "nyingsring" terus, tisu jadi langganan, kbanyakan nyingsring jadi pengaruh ke kepala n hidung sampe pusing n perih. ingus ngga mau kelua ..mampet ngumpul di dalam ...hidup serba ngga nyaman .. pengennya tidur teruuuss, bawaannya ngantuk aj .. kkurangan oksigen kale yaa ??? sampe kena obesitas .. gendut ngga presisi Mann ..sementara masalah hidung selesai..ngga sampe 1 tahun kambuh lage .. tapi ngga parah ...cuman ingusan ..kalo nyingsring bisa kluar tuh lendir.

    > tahun 98 ngga sengaja dikasih tau teman .. tempat pengobatan dokter alternatif ..coba2 .. pake refleksi dipijit2 pake alat kaya pulpen diskitar hidung n kpala, terus di lubang hidung ditetesin obat cair .. 2x berobat alhamdullilah .. SEMBUH tanpa operasi !!!!

    > last years , after 10 years .. kambuh againnnn ..parah buangetss sampe kretekh2 di kuping kalo nyingsring .. itu pun ingus baru mau keluar stlah pejuangan nyingsring sampe kpla pening berkunang ...krn ngga ada waktu brobat alternatif Ane berobat di RS ternama di Jaksel ..( ngga usah dsebut namanya, takut kaya Prita pokonya langganan "orang2 gede" lah ...., di operasi lagee dengan beaya yg amit2 ....sama ama harga HC RoadKing Man ... abis operasi anehnya ngga sembuh juga ,,, masih kluar ingus ...sampe 3 bulan, padahal udah kontrol pasca operasi sampe 5 kali plus obat n nasehat dokter udah di turutin ..

    > akhirnya ... balik lagi ke alternatif .. 2 X dateng semprot .. jusssssss pluss refleksi ..sembuh sampe skarang sembuh total .. mudah2 an ngga kambuh lagi....

    Tempat brobatnya di Bogor ... kalo ada teman2 BM yg senasib masalah sinusitis n pengen brobat .. boleh PM Ane (sertain alamat email , ntar ane kasih alamat n rute nye ) .. GRATIS .. tapi awas yee .. jangan jadi betah klo brobat ,,,,Dr.nye masih single n ngga kalah cantik ame BCL .. Suer .. n rekornya udah 12 orang ane tunjukin ksana ..utk masalah sinusitis smuanye sembuh .. masalah beaya ?? terserah kmampuan n seikhlasnya kita .. diamplopin terus dimasukin smacam kotak gitu.. Dr. nya ngga komersil .. lebih ke segi amal n Ibadah.

    Walau rada telat .. mudah2 an bermanfaat. n gga ada lage Vokalis yg pensiun gara2 Sinusitis ..

    Salam
    Last edited by adhieQ; 13-09-2009 at 01:10.

  9. The Following 5 Users Say Thank You to adhieQ For This Useful Post:

    andi.anargya (23-04-2010), bumi.langgeng (27-01-2010), Mr. Hahn (27-12-2009), tomm (07-09-2010), widi dyana (26-01-2010)

  10. #9
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,107
    Nama asli
    Gooswyn - Killing Bach
    Rep Power
    124
    Quote Originally Posted by adhieQ View Post
    Dr.nye masih single n ngga kalah cantik ame BCL .. Suer .. n rekornya udah 12 orang ane tunjukin ksana ....
    hello mas adie ...
    umm ....... kok saya malah lebh tertarik kenal dan pengen liat dokternya aja nih begitu tau masih single dan cakep, hehehe ....

    btw saya juga mau sharing juga ah,

    sy pun sebetulnya juga sinusitis, tp msh tingkat "ringan" sekitar 10tahun belakangan ini yah. baru kambuh kalo lg kenal flu dan ga sembuh kalo lewat 3 hari. dulu sempet jaman2 awal2 kuliah, waktu masih ngangkot dan berangkat jam5-6 pagi dari rumah, sering bgt tuh sinusitis. pas udah mulai ada motor baru bisa bangun agak siangan dan berkurang.

    dari situ, ternyata sy mengambil kesimpulan bhw orang kalo sinusitis itu ga boleh KECAPEAN , apapun kegiatannya tp ga boleh keacepan dan sy rasa benang merahnya semua sama. musti byk istirahat ketika lagi proses pemulihan.

    Puji Tuhan, sekarang sih sy merasa normal2 aja, walaupun kalo udah pilek dan lewat 3 hari, itu akan kumat perlahan lagi, makanya sy berusaha supaya ga capek , kurang tidur, atau ga kena debu krn sy alergi debu.
    ---STRATOMAN--- :
    DISPLAY BARANG DAGANGAN: [url]www.gooswynguitars.com[/url]

    - overdrive and stratocaster lover -

  11. #10
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Doesoenkoetertjinta
    Posts
    9
    Nama asli
    H.Adi
    Rep Power
    0

    Sinusitis

    Walah... Suhu ikut nimbrung .. kabur aahhh. ..Cukces Gann !! GBU !!

Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •