Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 16

Thread: [Review] Randall RG13 Preamp Amplifier Pedal

  1. #1
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    263

    Thumbs up [Review] Randall RG13 Preamp Amplifier Pedal

    [Review] Randall RG13 Preamp Amplifier Pedal



    Seperti tak ada habisnya, produsen efek terus merilis produk pedal preamp gitar dengan berbagai tawaran fitur dan sound yang terus berkembang. Rata-rata preamp tersebut mengacu rasa analog dan diharapkan dapat menggantikan peran sesi preamp ampli sehingga jika seorang gitaris ingin latihan di studio atau manggung tidak terlalu bergantung pada ampli yang disediakan.

    Randall, sebuah merk lawas yang lebih dikenal sebagai produsen ampli-ampli cadas merilis sebuah pedal preamp yang cukup revolusioner. Awalnya saya cukup ragu, produsen yang biasa membuat ampli ikutan terjun di pasar pedal preamp? Kedengarannya kayak coba-coba, dan apa mampu menyaingi kualitas kompetitornya yang sudah berpengalaman di bidang stompbox? Semua itu terjawab dengan mencoba Randall RG13 ini.

    Berbeda dengan produk sejenis lainnya, Randall RG13 adalah pedal preamp yang sekaligus juga amplifier. Yup, pedal ini disebut juga amplifier karena memiliki poweramp didalamnya, kita bisa menghubungkan speaker outnya ke cabinet speaker dan suara akan langsung keluar dengan daya 1 watt. Walau 1 watt tapi kalau dihubungkan ke cabinet 2x12 atau 4x12 suaranya akan cukup keras untuk ukuran volume kamar. Ini jelas beda, dimana pedal preamp lain biasanya membutuhkan poweramp terpisah untuk membunyikannya di ampli. tetapi untuk aplikasi dengan band tetap dianjurkan untuk menggunakan poweramp dari ampli besar agar lebih bertenaga outputnya.

    Channel dan Panel Kontrol

    RG13 ini memiliki 3 channel, channel 1 untuk sound clean, channel 2 untuk rhythm drive, dan channel 3 untuk lead drive. Channel 2 dan 3 sebenarnya mirip dan tidak ada perbedaan tone shape yang mencolok tetapi channel 3 lebih open dan lebih punya mid-freq jadi sepertinya memang dirancang untuk keperluan lead sound. Setiap channel ini memiliki parameter volume dan gain yang terpisah sehingga bisa cukup fleksibel balancingnya.

    Untuk pengaturan karakter suara terdapat EQ yang digunakan secara berbagi (EQ berlaku untuk semua channel) yang terdiri atas Bass, Middle, Treble dan Presence. Dari tweaking EQ ini bisa dihasilkan suara yang cukup variatif dan luas cakupannya mulai dari rock hingga trash metal, dari AC/DC ke Pantera hingga Dream Theater rasanya cukup terjangkau dengan pedal ini (tergantung karakter gitarnya juga).

    Tambahan switch Bass Boost untuk menambahkan secara dramatis pada frekuensi rendah guna mengantisipasi gitar atau suara output yang cenderung cempreng atau kurang nge-bass. Switch Mid-scoop juga disediakan untuk tone shaping yang membuat sound distorsi lebih padat ala trash metal old school. Jika semua parameter telah diatur sesuai dengan selera, maka untuk mengatur volume suara keseluruhan terdapat kenop master (volume).

    Balance dan Unbalance Output

    Selain output speaker untuk dihubungkan ke cabinet speaker, juga terdapat unbalance output yang biasa digunakan untuk dihubungkan ke efek lain atau ke ampli lain, idealnya melalui Return ampli sehingga hanya meminjam sesi poweramp ampli lain. Terdapat juga Balance Out yang sudah seperti DI Box sehingga bisa langsung dihubungkan ke mixer, yang menarik fitur ini memiliki proses Cabinet Simulator sehingga suara seperti telah melalui karakter speaker pada ampli gitar. Kualitas cabinet simulatornya benar-benar matang dan keren, bahkan sudah cukup bisa diandalkan untuk rekaman tanpa perlu diolah EQ secara berlebihan lagi. Bisa di cek demo suara direct dari RG13 ini di berbagai video di youtube.

    Loop-Boost dan Send-Return

    Untuk memudahkan penggunaan efek post-drive seperti modulasi, delay, reverb, dan sebagainya terdapat koneksi send-return untuk dihubungkan dengan pedal efek lain. Efek yang terdapat disini secara routing akan diolah setelah drive/distorsion dan kemudian baru di keluarkan di output speaker, output direct (balance out) ataupun output biasa (unbalance out). Fitur ini sangat bermanfaat, karena kalau efek lain dihubungkan pada unbalance output maka pada output speaker dan balance out tidak terdapat suara efek lain ini.

    Tombol Loop-Boost disediakan untuk mem-by pass dan mengaktifkan Loop (Send-Return), sehingga jika ingin mematikan semua efek yang ada di Loop tidak perlu repot dimatikan sati-satu, cukup dengan tombol Loop-Boost ini saja. Level volume pada Loop pun bisa diatur lagi dengan kenop Loop-Boost, sehingga secara tidak langsung fitur ini seperti memberikan channel tambahan lagi. Keren!!

    Fitur Tambahan

    Beberapa fitur tambahan yang sepele tapi bisa sangat membantu dan memudahkan dalam aplikasi pemakaiannya, yaitu :


    • Stereo Media Input, untuk dihubungkan dengan player lagu seperti handphone atau mp3 player yang biasanya banyak digunakan untuk bermain minus one. Kita jadi ga perlu menyiapkan laptop atau player lagi yang biasanya diletakan di belakang panggung dan membutuhkan DI Box terpisah. Dengan ini semua masuk RG13 dan keluar melalui Balance Out bersamaan dengan suara gitar.
    • Powerout 9v/500mA, ini juga sangat membantu, tinggal menghubungkan output ini dengan daisy chain dan kita bisa menyalakan pedal-pedal lain dengan voltase 9 volt dan daya hingga 500mA. Lumayanlah bisa mengurangi bawaan adaptor lagi.


    Kesimpulan

    Untuk kelas pedal preamp, RG13 ini rasanya sangat pantas disebut Best Buy. Sound yang dihasilkan sangat memenuhi standar kualitas rock dan metal walaupun tidak menggunakan tabung, khususnya untuk aplikasi direct, baik rekaman maupun live. Fitur-fitur yang ditawarkan juga benar-benar menunjang kebutuhan gitaris umumnya. Dengan harga sekitar 3.5 jutaan udah dapet RG13 plus sebuah cabinet 1x8 merk Randall, seperti beli pedal preamp sekaligus ampli kecil.


    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  2. The Following 5 Users Say Thank You to musicman For This Useful Post:

    Dimetrius_Vk (24-04-2015), oppi1 (24-04-2015), triski (24-04-2015), Vidi Rosen (24-04-2015)

  3. #2
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    119
    head amp versi pedal.... bbbrrrrr

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

  4. #3
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta & Surabaya
    Posts
    3,770
    Nama asli
    Vidi Rosen
    Rep Power
    152
    gue dari dulu sdh naksir karena waktu lihat di you tube kayaknya asik banget dan simple, cuman dompet bicara beda hehehehe

  5. #4
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    kelapa gading
    Age
    27
    Posts
    680
    Nama asli
    triski zulhiman
    Rep Power
    80
    gw pernah nyoba nih pas di acara Palents kemarin, menurut gw :

    (+)
    Praktis
    Harga terjangkau
    Fitur cukup lengkap, flexible routing

    (-)
    Sound & responnya menurut gw agak kaku, dinamiknya kurang bagus
    Volumenya kurang banget, kayaknya 1 watt terlalu kecil deh
    Last edited by triski; 24-04-2015 at 04:18.

  6. #5
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Bekasi--Jakarta--Bekasi [PP]
    Posts
    3,364
    Nama asli
    Christoperson
    Rep Power
    104
    Wow.. ada lagi nihh produk pedal-Ampli
    mantaap...

    Kalu EQnya independen tiap chanel..mungkin gak kaku soundnya
    Interests:Compressors, PreAmps, OverDrives, Amp Simulators, Cab Sims, EQs.....


    [URL]http://www.youtube.com/user/string4madness[/URL]

    KEEP ON ROCKIN'
    \m/
    Spoiler:


  7. #6
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    263
    Quote Originally Posted by Vidi Rosen View Post
    gue dari dulu sdh naksir karena waktu lihat di you tube kayaknya asik banget dan simple, cuman dompet bicara beda hehehehe
    pasti dompetnya dijagain nyonya nih

    Quote Originally Posted by triski View Post
    gw pernah nyoba nih pas di acara Palents kemarin, menurut gw :

    (+)
    Praktis
    Harga terjangkau
    Fitur cukup lengkap, flexible routing

    (-)
    Sound & responnya menurut gw agak kaku, dinamiknya kurang bagus
    Volumenya kurang banget, kayaknya 1 watt terlalu kecil deh
    iya, karena solid state kali ya, dan emang ini pedal higain distorsion sih jadi ngompress bukan tube drive kayak Tube Screamer jadi responnya ya kayak gitu. buat metal2an sih dapet bgt tapi kalo bluesy emang kurang dapet. kalo volume emang ga kenceng karena powernya cuma 1 watt, tapi kalo di colok ke return jcm900 sih kuenceng juga.
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  8. #7
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    263
    update video demo :

    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  9. The Following 2 Users Say Thank You to musicman For This Useful Post:

    Erick Timisela (06-05-2015), rads (05-05-2015)

  10. #8
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    purwokerto
    Posts
    759
    Nama asli
    yuli susanto
    Rep Power
    73
    pengin punya
    [URL="http://www.bengkelmusik.com/forum/bm-f37/beberapa-efek-yg-tidak-kepake-t9754.php"]
    [/URL]

  11. #9
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    South Jakarta
    Posts
    2,874
    Nama asli
    Indra S
    Rep Power
    143
    Hmm, menarik juga diakuisisi, cuma buat gw bakal kepake apa nggak ya mengingat harganya lumayan mahal.

  12. #10
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    119
    Quote Originally Posted by oriont View Post
    pengin punya
    beli lah

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [Review] GFI System - Specular Reverb Pedal
    By gfisys in forum Review dan Artikel Efek Gitar
    Replies: 27
    Last Post: 30-07-2013, 12:15
  2. [JUAL] : Randall RG230SC combo Guitar Amplifier & FX Zoom 707II
    By r_a_y_d_e_n in forum Korner jual beli alat musik
    Replies: 0
    Last Post: 13-08-2010, 04:06
  3. DIY Bass PReamp atau Pedal, ngumpul disini yok!!!
    By squallc in forum Korner elektronik & DIY
    Replies: 2
    Last Post: 15-07-2009, 10:39

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •