Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 23

Thread: BICARA TENTANG GUITAR STRAP

  1. #1
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    118

    Cool BICARA TENTANG GUITAR STRAP


    menurut [URL="http://en.wikipedia.org/wiki/Guitar"]wikipeda[/URL] guitar strap adalah

    Sebuah tali gitar adalah strip kain dengan kulit atau bagian kulit sintetis pada setiap akhir . Hal ini dilakukan untuk mengadakan gitar melalui bahu , pada panjang disesuaikan agar sesuai dengan posisi yang disukai oleh gitaris .



    Guitars memiliki berbagai akomodasi untuk memasang tali . Yang paling umum adalah tombol tali , juga disebut pin tali , yang pos baja flens berlabuh ke gitar dengan sekrup . Dua tombol tali datang pra - melekat pada hampir semua gitar listrik , dan banyak baja -string gitar akustik . Tombol Strap kadang-kadang diganti dengan " tali kunci , " yang menghubungkan gitar ke tali yang lebih aman .



    Semakin rendah tombol tali biasanya terletak di bagian bawah ( ujung jembatan ) tubuh . Tombol tali atas biasanya terletak di dekat atau di bagian atas ( leher end ) tubuh : pada kurva tubuh bagian atas , di ujung atas " tanduk " ( pada cutaway ganda ) , atau pada sendi leher ( tumit ) . Beberapa listrik , terutama mereka dengan tubuh berbentuk aneh , memiliki satu atau kedua tombol tali di bagian belakang tubuh. Beberapa gitar listrik Steinberger , karena desain minimalis dan ringan mereka , memiliki kedua tombol tali di bagian bawah tubuh . Jarang , pada beberapa akustik , tombol tali atas terletak di headstock .

    Beberapa gitar akustik dan klasik hanya memiliki tombol tali tunggal pada bagian bawah tubuh - ujung lainnya harus diikat ke headstock , di atas mur dan di bawah kepala mesin .



    Beberapa gitar akustik dan klasik datang tanpa tombol tali sama sekali . Dalam hal ini , satu atau dua tombol tali biasanya dapat ditambahkan ke gitar , atau " tali gitar klasik " ​​( juga disebut " harness gitar " atau " tali leher " ) dapat digunakan , yang mendukung gitar dengan mengaitkan ke dalam lubang suara . (terjemahan versi mbah gugel yang bikin senyum)




    Pemilihan Strap

    ada beberapa hal yang mesti di perhatikan dalam memilih strap yang akan digunakan, dari pemilihan bahan strap, kulit (leather) atau kulit sintetis, nilon (Nylon rope), anyaman tali







    atau bahkan sebuah strap berbahan plastik transparan



    yang pasti strap yang digunakan haruslah kuat untuk menahan beban berat gitar atau bass kesayangan kita



    gak maukan bila gitar atau bass kita terjatuh akibat strap yang putus atau jahitan nya yang terlepas?.
    sesuaikanlah lebar strap dengan berat gitar atau bass yang kita gunakan, menggunakan strap dengan lebar 10 cm sangatlah cocok untuk bass dengan kayu yang berat, sedangkan untuk gitar biasanya digunakan strap dengan lebar 5 – 7 cm, atau bahkan 3 cm dan lebih kecil lagi



    keserasian

    dalam pemilihan strap, sebagai seorang entertainer sangatlah perlu untuk memperhatikan kesersian strap dengan gitar, atau bahkan dengan kostum panggung yang dipakai






    strap lock

    untuk memastikan keamanan serta kemudahan akses memasang dan melepas strap dari gitar atau bass, beberapa pemain menambahkan sebuah strap lock





    penyimpanan

    usahakanlah untuk menggantung strap anda saat sedang tidak dipakai, melipat strap tentu saja akan meninggalkan bekas, menggulung nya pasti akan membuat strap anda melingkar seperti ular.. khusus untuk strap berbahan kulit, usahakanlah disimpan ditempat yang sejuk dan tidak lembab serta ruangan memiliki sirkulasi udara yang cukup, hal ini untuk melindungi strap kulit dari jamur yang akan merusak nya.




    perawatan strap

    untuk strap berbahan kulit gunakannlah cairan pembersih khusus untuk kulit, atau anda juga dapat menggunakan body lotion untuk menjaga kelembaban bahan kulit dan menjaga agar cat nya tidak pecah
    Last edited by trianto; 28-03-2014 at 07:59.

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

  2. The Following 4 Users Say Thank You to trianto For This Useful Post:

    dreedix (01-04-2014), heri satriani (01-04-2014), marpen (28-03-2014), musicman (30-03-2014)

  3. #2
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Condet
    Posts
    146
    Nama asli
    Naufal Elroissi
    Rep Power
    61
    gue sampe sekarang kepengen beli strap yang bagusan belom kesampean juga
    akhirnya pake strap putih bawaan bass yang udah mulai dekil, keren sih tapi putih gitu
    tapi ga sebanding dengan bass gue yangg 6 kiloan -,-

  4. The Following User Says Thank You to naufal6161 For This Useful Post:

    trianto (29-03-2014)

  5. #3
    Join Date
    Jan 2014
    Posts
    23
    Nama asli
    Dharma Azil
    Rep Power
    35
    barang simple.. yang kalo gak sreg mecah konsentrasi.. hehehe..

  6. The Following User Says Thank You to dharmaazil For This Useful Post:

    trianto (29-03-2014)

  7. #4
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    118
    Quote Originally Posted by naufal6161 View Post
    gue sampe sekarang kepengen beli strap yang bagusan belom kesampean juga
    akhirnya pake strap putih bawaan bass yang udah mulai dekil, keren sih tapi putih gitu
    tapi ga sebanding dengan bass gue yangg 6 kiloan -,-
    beli lah fal, dr kulit yg lebaranya 10cm...joss gandoss lah pastinya


    Quote Originally Posted by dharmaazil View Post
    barang simple.. yang kalo gak sreg mecah konsentrasi.. hehehe..
    iya biar keren...

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

  8. #5
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Condet
    Posts
    146
    Nama asli
    Naufal Elroissi
    Rep Power
    61
    Quote Originally Posted by trianto View Post
    beli lah fal, dr kulit yg lebaranya 10cm...joss gandoss lah pastinya
    pengen sih, gue kepikiran beli yang strap batik itu, tapi 200rb

  9. #6
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    118
    Quote Originally Posted by naufal6161 View Post
    pengen sih, gue kepikiran beli yang strap batik itu, tapi 200rb
    beli lah.... buat manggung keren tuh

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

  10. #7
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Condet
    Posts
    146
    Nama asli
    Naufal Elroissi
    Rep Power
    61
    Quote Originally Posted by trianto View Post
    beli lah.... buat manggung keren tuh
    beliin dik hahahaha

    btw gue baru nyadar, pic ilustrasi lu gitu-gitu semua ya...

  11. #8
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    118
    Quote Originally Posted by naufal6161 View Post
    beliin dik hahahaha

    btw gue baru nyadar, pic ilustrasi lu gitu-gitu semua ya...

    wahahaha... gitu gimana???

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

  12. #9
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262
    strap, barang simpel dan sepele tapi menentukan kenyamanan bermain.. khususnya kalo durasi manggungnya lama dan suka atraksi.
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  13. The Following 3 Users Say Thank You to musicman For This Useful Post:

    naufal6161 (30-03-2014), papasaurus84 (01-04-2014), trianto (30-03-2014)

  14. #10
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Condet
    Posts
    146
    Nama asli
    Naufal Elroissi
    Rep Power
    61
    Quote Originally Posted by trianto View Post
    wahahaha... gitu gimana???
    cewek semua
    Quote Originally Posted by musicman View Post
    strap, barang simpel dan sepele tapi menentukan kenyamanan bermain.. khususnya kalo durasi manggungnya lama dan suka atraksi.
    betul banget

  15. The Following User Says Thank You to naufal6161 For This Useful Post:

    trianto (30-03-2014)

Page 1 of 3 123 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [JUAL] : Senar/Strap Guitar/Bass Electric & Accoustic,Stick Drum,Stabilizer,Kabel Mic/Speaker
    By ebisantosa in forum Korner jual beli alat musik
    Replies: 5
    Last Post: 03-10-2010, 02:59

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •