Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: [Review] Ron Thal – Guitar Masterclass at Jakarta 2013

  1. #1
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262

    [Review] Ron Thal – Guitar Masterclass at Jakarta 2013

    Ron Thal – Guitar Masterclass 2013



    Dikesempatan kunjungannya ke Indonesia sehubungan dengan penampilannya di Jakarta Blues Festival (JBF 2013), Ron ‘Bumblefoot’ Thal mengadakan Masterclass di beberapa kota di Indonesia. Ron berbagi berbagai pengalamannya dalam hal musik maupun seputar kehidupannya. Diskusi yang sangat interaktif diselingi penampilan solo diiringi backing tracks, Ron tampil edukatif sekaligus menghibur dengan gaya konyolnya. Gitaris yang sekarang memperkuat Guns n Roses ini telah lama juga dikenal sebagai solois sejak era shredder 80an.

    Masterclass yang diadakan di beberapa kota di Indonesia ini berlangsung sejak seminggu sebelum acara JBF, di Jakarta diadakan di Wongs Music di daerah Condet pada 9 November 2013 silam selama 4 jam, seperti ga ada capeknya Ron yang mengaku hidup bersih tidak mengkonsumsi alkohol dan tidak merokok ini meladeni setiap pertanyaan audiens dengan penuh antusiasme. Banyak poin yang didapat dari Masterclass ini, berikut adalah beberapa poin yang menarik untuk disimak.

    Do not Thinking
    Ketika ditanya bagaimana cara Ron dalam melakukan solo dan scale apa yang biasa dipakai, Ron menjawab kalau dia tidak berfikir terlalu banyak saat bermain gitar dan membiarkan semua mengalir, scale dan tehnik apapun bisa keluar begitu saja. Lakukan secara natural seperti halnya bernafas karena manusia melakukan bernafas tanpa berfikir. Mainkan saja, nikmati, tantang diri sendiri untuk melakukan lebih dan yang terpenting.. bersenang2lah.

    Harmonic
    Bukan cuma seorang musisi, Ron juga cukup mengerti sains, dia menjelaskan teori frekuensi suara yang dihasilkan secara teknis. Hal ini berguna agar gitaris memiliki logika dan tidak terbatas jumlah fret dalam mencari nada, tetapi di senar yang tidak terkena fret pun bisa menghasilkan nada yang tepat asal mengerti cara mencarinya dan di eksekusi dengan benar juga, seperti dengan tehnik Artificial Harmonic, Pinch Harmonic atau seperti Ron yang menggunakan sebuah logam seperti cincin yang disentuh ke senar sehingga menghasilkan nada di senar walaupun berada di posisi luar fret.



    Modes is Mood
    Sangat penting untuk mengerti bagaimana perasaan kita terhadap hubungan antara nada atau pada tangga nada. Seperti pada major 3rd akan menghasilkan perasaan senang dan jika minor 3rd akan menghasilkan perasaan sedih, pada nada 5 akan menghasilkan perasaan normal dan jika 5b akan menimbulkan perasaan ga normal atau gila, nada 7 akan menghasilkan suasana yang murni/datar dan nada 7b lebih fun dan ber-attitude, nada 9 seolah kita seperti terhubung dengan dunia dan 9b seperti kita hidup sendiri dan terputus dari dunia. Deskripsi itu adalah yang dirasakan Ron dan menurutnya setiap orang bisa memiliki penggambaran berbeda mengenai hal ini. Yang jelas dengan mengerti dan merasakan hal ini kita akan bisa menggunakan tangga nada apapun sesuai kebutuhan dalam bermusik berdasarkan pendengaran dan perasaan dan bukan sebatas pedoman teori musik.

    Mind Exercises
    Musik bukan berasal dari tangan, tapi mungkin berakhir di tangan sebagai bagian tubuh paling akhir yang menyentuh alat musik. Musik berasal dari jiwa, pikiran, hati dan perasaan yang dialirkan ke organ tubuh untuk dimainkan ke alat musik. Menurut Ron yang harus dilatih adalah pikiran dan bukan hanya tehnik atau tangga nada tertentu. Bermain gitar tanpa melihat tangan, dengan fokus yang teralihkan tapi tetap bermain dengan benar merupakan latihan agar lebih terbiasa sehingga nantinya bermain lebih alami. Metode lain adalah memainkan poliritmik, membiasakan tangan kanan dan kiri memainkan ritmik yang nilai notnya berbeda-beda. Ron mempraktekan bagaimana kedua tangannya memainkan not ¼ dan tangan satunya memainkan not 1/8, kemudian salah satu dirubah jadi triplet, lalu not-not tersebut dimainkan bergantian antara tangan kanan-kiri. Hal ini menjadi modal Ron untuk diaplikasikan ke tehnik tapping dimana tangan kanan yang melakukan tapping dan kiri yang melakukan hammer-on memainkan not berbeda.

    Drummer is The Boss
    Drumer adalah pembuat beat musik, dan instrumen-instrumen lain (khususnya gitar dalam hal ini) mengikutinya. Menurut Ron, bermain dengan sedikit lay back (sedikit telat) akan lebih baik, paling cepat setara beat tapi jangan lebih cepat dari beat drummer. Bermain lay back bisa dilatih dengan cara bermain dengan santai dan lepas, bukan yang ngotot untuk menyamakan beat secara akurat dan biarkan drummer yang memimpin. Filosofi Ron, Lebih baik bermain nada yang ga tepat dan tehnik yang jelek tapi berada di tempo dan groove yang tepat daripada bermain yang terbaik tapi temponya lompat didepan drummer.



    Be Crative
    Berbeda dengan gitaris kebanyakan, Ron tidak terlalu memperhatikan gitarnya menggunakan material kayu apa atau konstruksinya bagaimana. Dia hanya merasa kalau soundnya tidak sesuai dia akan mengatur EQ di ampli hingga didapat sound yang diinginkan. Menurutnya setiap gitar itu unik, berbeda kepribadiannya dan tidak ada yang sama. Filosofinya, Apapun yang ada ya digunakan saja dengan benar, apa yang dimiliki adalah yang dibutuhkan, dan apa yang tidak dimiliki berarti tidak dibutuhkan. Yang penting adalah kreatif dengan apa yang dimiliki, dan kreatif itu adalah menyemangati diri dan punya kepercayaan diri serta keyakinan. Dan yang penting juga, lakukan kreatifitas dengan rasa peduli, lakukan dengan hati.
    Tujuan dari musik bukanlah ketenaran, melainkan karya seni dan tidak sekedar jualan. Musik adalah sesuatu yang dirasakan dan ingin dibagi dengan orang lain agar mampu merasakan apa yang penciptanya rasakan. Ron juga mengatakan bagaimana cara agar tetap termotivasi adalah dengan mengingat tujuan bermain gitar saat awalnya dulu selain mengingat bagaimana rasa cintanya dalam membuat musik dan berbagi dengan orang lain.

    Basic Rules on work
    Dalam bermusik secara professional ada beberapa poin yang Ron ungkapkan, khususnya menyangkut sikap (attitude) kita dalam menjadi pekerja musik, yakni :

    Be early don’t ever be late. Datang lebih cepat dari jadwal agar selalu ontime dan siap sebelum waktunya sehingga orang akan merasa aman, nyaman dan dapat mengandalkan kita.
    Be extra prepared. Persiapkan lebih dari yang seharusnya, misalnya akan mempelajari lagu, tidak hanya isian bagian gitar saja tetapi juga bagaimana harmoni lagu tersebut serta bagaimana aransemen instrumen lain. Ini akan menunjukkan totalitas dan keseriusan kita dalam bermusik.
    Be Comfortabe. Tetap tenang saat kondisi tidak enak, hal ini akan membuat orang lain nyaman bersama kita. Jika kita mudah terbawa suasana maka orang lain akan terganggu.



    Selain seorang yang cukup low-profile, ramah, penuh semangat, dan tidak pelit ilmu Ron juga seorang yang sangat dermawan. 1 hari setelah Masterclass ini, Ron mengadakan Private Class di Wongs music bagi peserta Masterclass ini. Siapapun bisa belajar langsung secara personal dengan Ron dan berkonsultasi apapun. Dengan tarif yang tidak ditentukan bagi peserta, berapapun diterima, dan hasil dari Private Class ini kemudian disumbangkan ke Panti Asuhan sekitar Condet. Ron sendiri ikut dalam penyerahan sumbangan ini dan sempat menghibur anak-anak panti asuhan dengan memainkan gitar. Suatu sikap yang benar-benar patut diteladani, saya pribadi jadi makin respek dengan beliau ini.

    (Article by : Faisal, Photos by : Joko Roeseno)
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  2. The Following 26 Users Say Thank You to musicman For This Useful Post:

    4Stringer (17-01-2014), akusukagitar (16-01-2014), AndreVengeance (20-01-2014), Aryo (19-01-2014), Dimaz (21-01-2014), Dimetrius_Vk (16-01-2014), Eenkz_ibanezzer (20-01-2014), enungfahmi (17-01-2014), gfisys (20-01-2014), goei (19-01-2014), heri satriani (20-01-2014), koponx (16-01-2014), mario (18-01-2014), mazbay (23-01-2014), mazda (17-01-2014), Moio (20-01-2014), noviari (16-01-2014), oppi1 (17-01-2014), papasaurus84 (17-01-2014), rads (16-01-2014), Setrum Power (17-01-2014), Stand_Not_Still (17-01-2014), SuryaCaroline (16-01-2014), Thoni (16-01-2014), trianto (16-01-2014), Vidi Rosen (19-01-2014)

  3. #2
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Denpasar, Bali
    Posts
    23
    Nama asli
    Surya Prabhawa
    Rep Power
    43
    Damn...filosofinya mantap..

  4. #3
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Yogyakarta - Pontianak
    Posts
    1,978
    Nama asli
    Andri junianto
    Rep Power
    91
    Do not Thinking : level yg ketinggian buat ane
    Harmonic : ahli fisika ato gitaris ya, JENIUS
    Modes is Mood : salah satu fungsi musik "Bahasa Universal"
    Mind Exercises : penjiwaan kelas dewa
    Drummer is The Boss : iya juga ya, kalo gitar, bass, dll salah dikit gak gitu ketara, tp kalo drum salah dikit aja, udah gempa tuh lagu yg lagi dimainin
    Be Crative : motivasi
    Basic Rules on work : kayaknya terlalu sempurna nih, berat banget

    Article yg keren dr om faisal


    www.hartung-guitars.com

  5. The Following User Says Thank You to marpen For This Useful Post:

    musicman (19-01-2014)

  6. #4
    Join Date
    Apr 2013
    Location
    Benhil Jakpus
    Posts
    25
    Nama asli
    Imron
    Rep Power
    39
    mantap banget nih personality ron thal,..pantesan dia masih nyaman aja kerja bareng axl rose,..
    artikel ini mantep ulasannya,.thanks bro faisal,..

  7. #5
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    ?
    Posts
    260
    Nama asli
    mahardika nur andrik
    Rep Power
    70
    RONTHAL !!! TERNYATA PENJABARAN MU MENGENAI MUSIK SAMA DENGAN ANDRIKA!!! BERARTI KITA SAMA SAMA CALON PENGHUNI SURGA!!!!!!!!!! KITA TIDAK MABOK DAN LAIN LAIN..SELALU TEPAT WAKTU DAN ONTIME!!! YG KITA LAKUKAN HANYALAH SEX NIKMAT BEBAS....SEX ATAS DASAR SUKA SAMA SUKA..OHH HIDUP BERZINAH.....DAN KITA CALON PENGHUNI SURGA YG ABADI BERSAMA MUSIK2 UNTUK MENGHIBUR TUHAN DAN MAHLUK2 LAINNYA DI ALAM SANA......PENJABARANMU SANGAT BISA DITERIMA DENGAN MUDAH..SEMOGA BANYAK UMAT MANUSIA SEMAKIN MENGERTI DAN MAKIN MAKIN MENGERTI.....INGAT SEBELUM INGIN BERMAIN TANPA BERFIKIR KUASAI LAH BANYAK2 UNGKAPAN UNGKAPAN MUSIK...DAN PERBANYAK LATIHAN PEMROGRAMAN UNTUK PENYIMPANAN DATA BASE ANDA..PENYIMPANAN DATA BASE SEBANYAK BANYAKNYA....SETELAH MENGERTI ,PAHAM.DAN TAU BAGAIMANA KAU BERMAIN, BUKANNYA MELIHAT KAU BERMAIN..KAU AKAN BISA BERMAIN DENGAN TANPA BERFIKIR.SESUKA HATI..SEPERTI MENIDURI WANITA YG KAU SUKAI JUGA DIA YG MENYUKAI MU..TANPA DASAR PAKSAAN...HANYA ADA KEPASRAHAAN........SELAMAT MENYELAMI!!!!!!!!!!!!!!!!KUTUNGGU DI AKHIRAT KETIKA KITA MATI RONTHALL!!!ALOHA

  8. The Following 2 Users Say Thank You to andrika_touch For This Useful Post:

    mario (18-01-2014), musicman (19-01-2014)

  9. #6
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262
    Quote Originally Posted by marpen View Post
    Do not Thinking : level yg ketinggian buat ane
    Harmonic : ahli fisika ato gitaris ya, JENIUS
    Modes is Mood : salah satu fungsi musik "Bahasa Universal"
    Mind Exercises : penjiwaan kelas dewa
    Drummer is The Boss : iya juga ya, kalo gitar, bass, dll salah dikit gak gitu ketara, tp kalo drum salah dikit aja, udah gempa tuh lagu yg lagi dimainin
    Be Crative : motivasi
    Basic Rules on work : kayaknya terlalu sempurna nih, berat banget

    Article yg keren dr om faisal
    Setuju ama kesimpulan2nya, filosofinya memang cocok buat yg udah level menengah ke atas, sesuai ama yg dijabarin andrika. tp ga berat dan ga terlalu sempurna kok, memang seperti itu seharusnya menjadi seorang musisi yg bener.
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  10. #7
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262
    @andrika: singit seperti biasa hahaha tapi emang bener walau analoginya agak ekstrim wkwkwk
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  11. #8
    Join Date
    Feb 2010
    Posts
    140
    Nama asli
    Aryo
    Rep Power
    59
    keren artikel nya om Faisal, sangat menginspirasi.
    eh yang di foto kok Ron Thal nya gak kliatan gede ya, apa om Faisalny yg gede juga hehe
    .

  12. #9
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Semarang
    Posts
    28
    Nama asli
    Andre Vengeance
    Rep Power
    41
    Quote Originally Posted by Aryo View Post
    keren artikel nya om Faisal, sangat menginspirasi.
    eh yang di foto kok Ron Thal nya gak kliatan gede ya, apa om Faisalny yg gede juga hehe
    ga begitu tinggi emang, ane sama ron aja masi tinggi ane, masi smp loh om
    numpang mejeng
    TALK LESS DO MORE
    My Gear:
    Schecter Synyster Gates Custom
    Fender American Standard
    Line6 UberMetal
    Behringer OD400
    Smarvo amplifier
    Artec amplifier


  13. The Following 2 Users Say Thank You to AndreVengeance For This Useful Post:

    musicman (20-01-2014), trianto (20-01-2014)

  14. #10
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262
    Quote Originally Posted by Aryo View Post
    keren artikel nya om Faisal, sangat menginspirasi.
    eh yang di foto kok Ron Thal nya gak kliatan gede ya, apa om Faisalny yg gede juga hehe
    iya bener emang ga trlalu tinggi orangnya si Ron

    syukur deh, semoga artikelnya bermanfaat serta menginspirasi
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [Review] Jakarta Blues Festival 2013
    By musicman in forum Liputan dan Review Acara Musik
    Replies: 0
    Last Post: 19-11-2013, 05:35
  2. Jakarta Music Expo 2013
    By jakarta_music_expo in forum Acara musik
    Replies: 51
    Last Post: 30-10-2013, 11:35
  3. [Review] Jakarta Guitar Festival 2013
    By musicman in forum Korner musisi
    Replies: 34
    Last Post: 17-07-2013, 09:05
  4. Jakarta Fair / PRJ 2013
    By musicman in forum Acara musik
    Replies: 9
    Last Post: 08-07-2013, 11:21
  5. JAKARTA GUITAR FEST 2013
    By oppi1 in forum Acara musik
    Replies: 10
    Last Post: 14-06-2013, 07:45

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •