Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 22

Thread: Pasang stompbox ke pedalboard

  1. #1
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    bintaro
    Posts
    39
    Nama asli
    Rori Jiwa Putra
    Rep Power
    70

    Pasang stompbox ke pedalboard

    Halo! Mudah-mudahan topik ini belum pernah dibahas dan berada di kamar yang tepat

    Jadi, selama ini saya kalau manggung maupun latihan di studio tidak pernah pakai pedalboard berhubung stompbox yg dibawa paling cuma 2-3 biji. Nah sekarang efek sudah mulai banyak, saya memutuskan untuk membangun sebuah pedalboard agar segala perefekan ringkes dan praktis.

    Masalah terjadi ketika coba memasang velcro ke permukaan bawah stomp. Lem powerglue yang saya pakai ternyata tidak cukup kuat merekat di pedal. Ini agak bahaya karena saya akan membawa pedalboard tersebut dlm gigbag dgn posisi miring (sambil naik motor dan bawa gitar jg). Jadi kekuatan rekatnya velcro maupun lem merupakan syarat mutlak.

    Setelah coba cari-cari solusi di berbagai forum, ternyata masalah seperti ini jg banyak yg mengalami. Masalah yg biasanya terjadi adalah:
    1. Lem pada velcro kurang melekat di permukaan stompbox.
    2. Rusaknya permukaan karpet/pedalboard karena kuatnya rekatan velcro.
    3. Meninggalkan bekas lem pada stompbox. Beberapa bilang ini mengurangi harga jual kembali stomp tsb di FJB (ada yg pernah ngalamin? hehehe)

    Untuk masalah nomor 3, ada yang mengakalinya dgn menempelkan selotip di dasar stomp sebelum diolesi lem (ini yang saya lakukan). Sayangnya, lemnya tidak merekat kuat. Apa karena permukaan selotipnya licin ya?
    Spoiler:


    Beberapa orang yang lain menghindari velcro dan memakai alternatif lain, seperti menggunakan rantai sepeda:
    Spoiler:


    Mengingat variatifnya cara dalam memasang stomp di pedalboard ini, boleh share bagaimana teman-teman melakukannya? Lem apa yang digunakan, bagaimana tips memasang (dan melepasnya), pakai velcro atau yang lain, dll.

    Thank you

  2. The Following User Says Thank You to Rori For This Useful Post:

    Iga Massardi (05-01-2014)

  3. #2
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    158
    Nama asli
    aryo p
    Rep Power
    68
    saya pakai rantai sepeda

  4. #3
    Informatif! Thanks Ror!
    Website lokal tentang review gear dan instrumen

    [URL="http://rigrigrig.com/"]http://rigrigrig.com/[/URL]

    Channel Youtube

    [URL="www.youtube.com/user/rigrigrigmusic"]www.youtube.com/user/rigrigrigmusic[/URL]

  5. #4
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    bintaro
    Posts
    39
    Nama asli
    Rori Jiwa Putra
    Rep Power
    70
    Quote Originally Posted by tetsuya View Post
    saya pakai rantai sepeda
    Nah, ada juga kan yg pakai rantai hahaha
    Gimana bro..share plus minusnya dong


    Quote Originally Posted by Iga Massardi View Post
    Informatif! Thanks Ror!
    You're welcome

    Kalo lo gmn Ga? Pake Velcro jg? Kan banyak pedal2 butik unyu-unyu tuh hihi

  6. #5
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    158
    Nama asli
    aryo p
    Rep Power
    68
    Quote Originally Posted by Rori View Post
    Nah, ada juga kan yg pakai rantai hahaha
    Gimana bro..share plus minusnya dong



    plus nya ya lebih rapih, gw dulu pake velcro tapi selalu gagal lengket di pantat pedalnya apalagi gw ada RP1000 yang gede dan berat banget, ga bisa pake velcro, lemnya selalu kering dan lepas2 terus

    tapi minus nya ya SUSAH BANGET DILEPASnya mesti pake obeng kan
    jadi pastiin semua nya udah fix sebelum di rantai

    bagusnya, kayu pedalboard gw itu rada lunak jadi gw ga perlu ngebor
    nah bingung nih kalo pake pedaltrain kayaknya mustahil pake rantai

  7. The Following User Says Thank You to tetsuya For This Useful Post:

    Rori (05-01-2014)

  8. #6
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    32
    Nama asli
    johan candra
    Rep Power
    44
    Coba aj lem nya pake lem fox ato aibon (yg wrna kuning bening) kalo d permukaan karet, caranya d olesin dlu d permukaan stompbox nya ama velcro nya, setelah agak kering (d pegang tangan ga nempel) baru d rekatin...kuat banget tuh rekatan nya, trs kalau mau d ambil velcronya tnggl d klotokin aj lemnya, sya pernah pake kya gtu d permukaan efek boss, dan hasilnya nyaris tak terlihat bekas lem...

    Semoga membantu...

  9. The Following User Says Thank You to jhn.candra For This Useful Post:

    Rori (05-01-2014)

  10. #7
    Join Date
    Jul 2008
    Location
    bintaro
    Posts
    39
    Nama asli
    Rori Jiwa Putra
    Rep Power
    70
    Quote Originally Posted by tetsuya View Post
    plus nya ya lebih rapih, gw dulu pake velcro tapi selalu gagal lengket di pantat pedalnya apalagi gw ada RP1000 yang gede dan berat banget, ga bisa pake velcro, lemnya selalu kering dan lepas2 terus

    tapi minus nya ya SUSAH BANGET DILEPASnya mesti pake obeng kan
    jadi pastiin semua nya udah fix sebelum di rantai


    bagusnya, kayu pedalboard gw itu rada lunak jadi gw ga perlu ngebor
    nah bingung nih kalo pake pedaltrain kayaknya mustahil pake rantai
    Nah poin bagus nih, kalo pedal floor raksasa macam RP1000 gitu agak susah memang ya pakai velcro.

    Thanks bro.


    Quote Originally Posted by jhn.candra View Post
    Coba aj lem nya pake lem fox ato aibon (yg wrna kuning bening) kalo d permukaan karet, caranya d olesin dlu d permukaan stompbox nya ama velcro nya, setelah agak kering (d pegang tangan ga nempel) baru d rekatin...kuat banget tuh rekatan nya, trs kalau mau d ambil velcronya tnggl d klotokin aj lemnya, sya pernah pake kya gtu d permukaan efek boss, dan hasilnya nyaris tak terlihat bekas lem...

    Semoga membantu...
    Nah kebetulan baruu banget nih mau cabut ke minimarket beli lem Aibon
    Nah, untuk nunggu keringnya kira-kira brp lama ya? Di forum2 lain ada yang bilang ditunggu sampe 30 menit segala soalnya.

    Thanks, informatif sekali! *brb beli aibon

  11. #8
    Join Date
    Sep 2012
    Posts
    32
    Nama asli
    johan candra
    Rep Power
    44
    Nah kebetulan baruu banget nih mau cabut ke minimarket beli lem Aibon
    Nah, untuk nunggu keringnya kira-kira brp lama ya? Di forum2 lain ada yang bilang ditunggu sampe 30 menit segala soalnya.

    Thanks, informatif sekali! *brb beli aibon [/QUOTE]

    Sya sih jarang ngitung brp menit nya..tp pakai indikator td (d pegang tangan ga nempel)
    Tp kalo d aturan pakai nya sih 10-20 menit broHH...ahaaha...

  12. #9
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    158
    Nama asli
    aryo p
    Rep Power
    68





  13. The Following 6 Users Say Thank You to tetsuya For This Useful Post:

    4Stringer (08-01-2014), ANDRIES666 (05-01-2014), Cyed (05-01-2014), oppi1 (06-01-2014), Rori (06-01-2014), trianto (05-01-2014)

  14. #10
    Join Date
    Sep 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    596
    Nama asli
    andries
    Rep Power
    77
    Baru tau yg metode pakai rantai sepeda, nambah lg deh wawasan baru

  15. The Following User Says Thank You to ANDRIES666 For This Useful Post:

    tetsuya (05-01-2014)

Page 1 of 3 123 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. [JUAL] : Stompbox SD1, DF7, Pedalboard Behringer PB600
    By sidindin in forum Korner jual beli alat musik
    Replies: 4
    Last Post: 19-01-2011, 11:18
  2. [JUAL] : SOLD!! Fender pickups, parts, pedalboard & efek stompbox »»»
    By newmachine in forum Korner jual beli alat musik
    Replies: 4
    Last Post: 20-10-2010, 02:45
  3. Pasang Tremollo
    By eross_sapta in forum Serba serbi aksesoris gitar
    Replies: 5
    Last Post: 14-07-2009, 07:14
  4. Cara pasang pic?
    By xing in forum Member feedback
    Replies: 4
    Last Post: 17-11-2008, 09:44

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •