Page 1 of 4 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 36

Thread: Nasib anak Band

  1. #1
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jati Asih, dimana masih banyak air & udara yang jujur
    Posts
    2,942
    Nama asli
    W. Tejomoyo
    Rep Power
    143

    Nasib anak Band

    Nasib Anak Band




    Masa keemasan Ďanak bandí nampaknya sudah [hampir] berakhir. Industri rekaman tak lagi bisa menjadi sandaran hidup para musisi. Sejak fisik CD tak laku dijual dan ringbacktone tak lagi menghasilkan fulus, otomatis industri rekaman tak bisa lagi jadi tumpuan hidup.

    Namun kondisi hancurnya industri rekaman tak sampai ketelinga banyak anak muda yang punya cita-cita tinggi menjadi makmur sebagai Ďanak bandí. Eforia kejayaan Peterpan, Ungu, Samsons, Wali, ST 12, Kangen Band, Hijau Daun, hingga Dadali, masih menjadi tolok ukur kesuksesan.

    Kenyataannya saat ini tak ada lagi perusahaan rekaman [label] yang mau merilis artis/band baru. Karena secara bisnis, penjualan produk rekaman tak lagi bisa menutupi biaya produksi dan promosi yang mahal. Bahkan sulit untuk sekadar balik modal. Para eksekutif produser hanya bisa mengamati sambil menunggu bisnis membaik.

    Masa paceklik industri rekaman kian berlarut. Nampaknya masih belum ditemukan formulasi yang tepat untuk membuat industri rekaman tanah air berjaya lagi. Bersyukur ada KFC, Indomart, Alfamart, 7Eleven dll sebagai media distribusi yang sedikit memberi nafas segar namun tak cukup bisa mengangkat industri secara keseluruhan karena hanya bisa menyenangkan sebagian kecil pelaku industri. Bahkan hehadiran NOAH sekalipun hanya mampu membuat riak kecil tanpa bisa menjadi gelombang kebangkitan industri.

    Lantas bagaimana nasib artis/band baru yang menggantung harapan menjadi Ďanak bandí? Masih banyak cara untuk menjadi tenar dan makmur. Tapi terlebih dahulu harus melupakan proses instan. Menjadi tenar, saat ini tak cukup bermodal lagu, suara dan tampang bagus. Karena sebagus apapun demo lagu kalian kemungkinan hanya akan menuai pujian dari label, cukup. Jangan berharap untuk dirilis. Beruntung band yang memiliki modal keuangan yang kuat hingga bisa merilis sendiri karyanya dengan menanggung semua biaya produksi serta promosi yang tak sedikit.

    Menurut saya, hal yang harus dilakukan oleh artis/band baru dalam melangkah di industri yang lagi tidak bersahabat ini adalah dengan cara konvensional, cara yang sudah terbukti berhasil dilakukan oleh artis/band besar dimanapun di muka bumi ini. Dimulai dengan membuat lagu bagus, tampil beda, sering manggung, meminta pertolongan radio setempat, semua cara itu dilakukan untuk menjaring fans hingga bisa membentuk komunitas yang kuat. Beruntung saat ini banyak tersedia social media yang mendukung promosi artis/band.

    Sekali lagi lupakan beken dengan proses instan, karena segala hal yang terjadi dengan instan biasanya akan lenyap dengan cepat juga.

    Kedepan, artis/band yang memiliki komunitas kuat yang akan berjaya. Dan dalam hal ini, artis dan band indie-lah yang nantinya paling cepat menikmati kesempatan besar ini karena mereka biasanya memiliki dasar komunitas yang kuat. Komunitas kuat tak bisa dibangun hanya dalam sekejab. Butuh proses panjang yang sekaligus menempa mental hingga menjadi musisi yang handal dan teruji.

    Tulisan ini tak bertujuan untuk memupus harapan para musisi pemula yang ingin tenar. Ini paparan kenyataan saat ini bahwa industri rekaman sedang lesu. Justru tulisan ini diharapkan bisa membantu membuka pikiran bahwa jangan lagi berpikir instan untuk mencapai popularitas. Ada sebuah proses yang perlu dijalani, tentunya dengan penuh perjuangan.

    [Oleh: Andre OPA. Tulisan ini dimuat di edsnote di TRAXmagz edisi Oktober 2013]

    [URL="http://www.traxmagz.com/article/490-Nasib-Anak-Band"]Sumber [/URL]
    Last edited by Vidi Rosen; 27-08-2013 at 04:21.

  2. The Following 20 Users Say Thank You to Moio For This Useful Post:

    4Stringer (26-08-2013), Bob Jansen (26-09-2013), budi ogah (29-08-2013), Dimaz (26-08-2013), donnykbs (26-08-2013), enungfahmi (26-08-2013), fabian (26-08-2013), goei (26-08-2013), heri satriani (26-08-2013), indrakhila (10-09-2013), JManatar (16-09-2013), malaka (22-10-2013), musicman (26-08-2013), papasaurus84 (26-08-2013), RADEN MISTIKUS (26-08-2013), Rizqibe (25-08-2013), SuryaCaroline (02-11-2013), trianto (25-08-2013), Vidi Rosen (27-08-2013), yurist_star (10-10-2013)

  3. #2
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    261
    #nunggu komen ideologi vedi#
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  4. #3
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta & Surabaya
    Posts
    3,770
    Nama asli
    Vidi Rosen
    Rep Power
    150
    jadi nggak jauh beda sama nasib anak kost ya hehehehehe

  5. #4
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Tegal
    Posts
    201
    Nama asli
    novan erriawan
    Rep Power
    67
    Prihatin banget, good article
    GITARIS TUA YANG SELALU KEHAUSAN

  6. #5
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    pamulang
    Posts
    1,499
    Nama asli
    indra wijaya
    Rep Power
    88
    yak betul!! beginilah kenyataannya sekarang semuanya kembali lagi kepada generasi muda sekarang.. kalian maunya soto? soto nasi? apa nasi soto?
    alias: kalian mau nyemplung ke band/musik 100%? apa band/musik (sebagai pokok) ditambah pemasukan lain (kantor, bisnis, dll) ? apa kantor ato bisnis tapi diselingin nge band/musik? dengan pertimbangan keadaan musik ditanah air yg lagi kusut.. yang jelas masukan dari gw.. tetap semangat! maju terus! jangan nyerah! jangan mengandalkan label! pikirkan band, karya, dan pertanggung jawaban diatas panggung.. \m/
    abdikan jari jarimu untuk harmoni dari hati lalu jatuh ke dawai

  7. The Following 3 Users Say Thank You to indrakhila For This Useful Post:

    4Stringer (11-09-2013), Dimaz (12-09-2013), trianto (11-09-2013)

  8. #6
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    chi le dook
    Posts
    628
    Nama asli
    desta vaiwira
    Rep Power
    56

    wow...

    Quote Originally Posted by indrakhila View Post
    yak betul!! beginilah kenyataannya sekarang semuanya kembali lagi kepada generasi muda sekarang.. kalian maunya soto? soto nasi? apa nasi soto?
    alias: kalian mau nyemplung ke band/musik 100%? apa band/musik (sebagai pokok) ditambah pemasukan lain (kantor, bisnis, dll) ? apa kantor ato bisnis tapi diselingin nge band/musik? dengan pertimbangan keadaan musik ditanah air yg lagi kusut.. yang jelas masukan dari gw.. tetap semangat! maju terus! jangan nyerah! jangan mengandalkan label! pikirkan band, karya, dan pertanggung jawaban diatas panggung.. \m/
    mantep ndraaa...

    yang terakhir paling gede itu yang bikin gw gagal punya band ampe sekarang...
    [url="https://soundcloud.com/destavaiwira"]| soundcloud |[/url] [url="www.reverbnation.com/destapapasaurusvaiwira?profile_view_source=header_ icon_nav"]rivebnesyen |[/url] [url="http://www.youtube.com/user/destaagengperwira"]pidio |[/url]

    Man robbuka?
    Wa maa diinuka?
    Wa maa hadzaar rujululladzii buíitsa fiikum?


  9. #7
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Kalimalang,Bekasi
    Posts
    1,379
    Nama asli
    Dimas
    Rep Power
    86
    Quote Originally Posted by papasaurus84 View Post
    mantep ndraaa...

    yang terakhir paling gede itu yang bikin gw gagal punya band ampe sekarang...
    lanjutkan proyek sendiriannya aja mas..
    trus di "cd" kan deh..

  10. #8
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    chi le dook
    Posts
    628
    Nama asli
    desta vaiwira
    Rep Power
    56

    wow...

    Quote Originally Posted by mas_sumenep View Post
    1. lanjutkan proyek sendiriannya aja mas..
    2. trus di "cd" kan deh..
    1. iya mas, berkaryanya tetep jalan. dan saya malah lebih produktif ketika sendirian. hehe. rekan2 band saya akhir2 ini, maaf, kurang memahami mau mereka sendiri, mau nasi soto atau soto nasi. akhirnya beberapa malah milih indomie soto. saya enggak doyan.

    2. ini yang belum kepikiran malah. bisa dibantu jelaskan step2nya?
    [url="https://soundcloud.com/destavaiwira"]| soundcloud |[/url] [url="www.reverbnation.com/destapapasaurusvaiwira?profile_view_source=header_ icon_nav"]rivebnesyen |[/url] [url="http://www.youtube.com/user/destaagengperwira"]pidio |[/url]

    Man robbuka?
    Wa maa diinuka?
    Wa maa hadzaar rujululladzii buíitsa fiikum?


  11. #9
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Kalimalang,Bekasi
    Posts
    1,379
    Nama asli
    Dimas
    Rep Power
    86
    Quote Originally Posted by papasaurus84 View Post
    1. iya mas, berkaryanya tetep jalan. dan saya malah lebih produktif ketika sendirian. hehe. rekan2 band saya akhir2 ini, maaf, kurang memahami mau mereka sendiri, mau nasi soto atau soto nasi. akhirnya beberapa malah milih indomie soto. saya enggak doyan.

    2. ini yang belum kepikiran malah. bisa dibantu jelaskan step2nya?
    jelaskan step2nya kaya gmn mas?
    masukin cd kosong trus di burn dah
    bikin semacem demo,coba kasih sana sini,mungkin punya temen orang radio,
    ato majalah biar bisa direview,ato malah coba kasih ke montir BM buat direview albumnya,ato cari temen yg mau bantuin buat manggung biar bisa mulai memperkenalkan lagunya secara live,ikut pensi ato acara musik lainnya,dulu pernah saya ngejalanin apa yg saya tulis diatas mas,sampe ke label2 besar,coba naro2 walaupun gk berhasil tapi ya itu udah setengah jalan bandnya keburu saya tinggalin karena mereka udah susah bagi waktu :P
    Last edited by mas_sumenep; 12-09-2013 at 09:17.

  12. #10
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    chi le dook
    Posts
    628
    Nama asli
    desta vaiwira
    Rep Power
    56

    wow...

    Quote Originally Posted by mas_sumenep View Post
    jelaskan step2nya kaya gmn mas?
    masukin cd kosong trus di burn dah

    bikin semacem demo,coba kasih sana sini,mungkin punya temen orang radio,
    ato majalah biar bisa direview,ato malah coba kasih ke montir BM buat direview albumnya,ato cari temen yg mau bantuin buat manggung biar bisa mulai memperkenalkan lagunya secara live,ikut pensi ato acara musik lainnya,dulu pernah saya ngejalanin apa yg saya tulis diatas mas,sampe ke label2 besar,coba naro2 walaupun gk berhasil tapi ya itu udah setengah jalan bandnya keburu saya tinggalin karena mereka udah susah bagi waktu :P
    kok saya ga kepikiran yak...

    jujur aja saya gak pede kalo direview mas. kalo manggung sendirian, ato bareng ama player yang oke dimana bisa saling mendukung on stage, bisa over pede malah.

    hmmm, bisa dicoba nih... thanks masukannya mas...
    [url="https://soundcloud.com/destavaiwira"]| soundcloud |[/url] [url="www.reverbnation.com/destapapasaurusvaiwira?profile_view_source=header_ icon_nav"]rivebnesyen |[/url] [url="http://www.youtube.com/user/destaagengperwira"]pidio |[/url]

    Man robbuka?
    Wa maa diinuka?
    Wa maa hadzaar rujululladzii buíitsa fiikum?


Page 1 of 4 123 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Pandangan terhadap anak band
    By tyaspermana in forum Korner musisi
    Replies: 48
    Last Post: 09-03-2011, 10:19
  2. Les privat gitar & pembimbing band anak-anak
    By bowochristantyo in forum Korner sekolah / kursus / pendidikan musik
    Replies: 0
    Last Post: 03-02-2011, 02:50
  3. Hidup Sukses Sebagai Anak Band
    By Vidi Rosen in forum Korner musisi
    Replies: 7
    Last Post: 20-12-2008, 12:51
  4. anak band
    By jagolima in forum Korner Perkenalan
    Replies: 5
    Last Post: 18-11-2008, 11:50

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •