Page 1 of 5 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 44

Thread: Hak Cipta Sebuah Lagu Pribadi?

  1. #1
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    219
    Nama asli
    Faizal Amir
    Rep Power
    67

    Hak Cipta Sebuah Lagu Pribadi?

    hallo kawan-kawan BM,

    lagi iseng-iseng nih mau nanya-nanya masalah Hak Cipta lagu pribadi
    saya sering membuat lagu sendiri, berisi tentang curhatan diri sendiri. ya sebenarnya itu untuk pribadi aja gak untuk disebarluaskan.
    tapi yang membuat saya agak takut kadang-kadang ada temen-temen atau sodara saya yang pengen banget denger lagu saya, trus minta di-copy gitu ke komputer atau hpnya, atau dikirimin ke email atau di upload ke Youtube. nah disini yang saya takutkan kalau dipublish ke umum gitu, mungkin saja nanti ada yang mencontek atau mengklaim lagu saya itu sebagai karyanya.

    apa yang harus dilakukan saya sebagai pencipta tersebut agar bisa melindungi karya saya tersebut sehingga tidak bisa diklaim orang lain atau dicontek?

    ini hanya contoh kasus lho ya, bukan berarti saya kepedean kalau lagu saya bagus/keren sehingga bakal diambil sama orang lain, hahaha.. hanya untuk sekedar saya dan member BM agar nanti bisa lebih berhati-hati untuk melindungi karya cipta lagunya.

    makasih sebelumnya

  2. #2
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    BEKASI
    Posts
    24
    Nama asli
    Ryu
    Rep Power
    41
    yang jelas bukti jangan dihapus bro

    klo ada yang claim itu lagu bikinan dia kan agan bisa tuntut dengan buktiČ yang kuat
    To All Of You Who Don't Know, Now You Know !!

  3. The Following User Says Thank You to RyugaMVP For This Useful Post:

    faiz10march (01-01-2013)

  4. #3
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    219
    Nama asli
    Faizal Amir
    Rep Power
    67
    Quote Originally Posted by RyugaMVP View Post
    yang jelas bukti jangan dihapus bro

    klo ada yang claim itu lagu bikinan dia kan agan bisa tuntut dengan buktiČ yang kuat
    ya memang sih tidak dihapus, untuk bukti itu kalau misalnya saya share lewat Youtube. tapi kalau kondisinya temen saya mau dengerin lagu saya sehingga saya mesti share via bluetooth atau flashdisk, khan gak ada buktinya. hahaha..

  5. #4
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Bogor
    Posts
    260
    Nama asli
    Umar Bawahab
    Rep Power
    50
    Quote Originally Posted by faiz10march View Post
    ya memang sih tidak dihapus, untuk bukti itu kalau misalnya saya share lewat Youtube. tapi kalau kondisinya temen saya mau dengerin lagu saya sehingga saya mesti share via bluetooth atau flashdisk, khan gak ada buktinya. hahaha..
    bantu jawab sepengetahuan gw aja nih:

    kalo emang mau aman dalam hal ini 'pembuktiannya' kuat, berarti harus didaftarin di dirjen hak cipta lagunya karena karya seni berbentuk lagu menurut UU Hak Cipta itu masuk rezim perlindungan hak cipta. terus kalo ga didaftarin? itu ga serta merta lagu lo ga dianggap, semua karya seni yang lahir dari penciptanya pada dasarnya itu sudah menjadi atas namanya dan serta merta dilindungi hak ciptanya (terlepas dari isu copyright dan lainnya yang nanti bisa dialihkan) cuma ya tadi, kalo ga didaftarin susah juga buat dilindungi kalo suatu hari nanti ada masalah, makanya pendaftaran ke dirjen hak cipta itu untuk mengutakan dari segi pembuktian aja. CMIIW

  6. The Following User Says Thank You to umar For This Useful Post:

    faiz10march (02-01-2013)

  7. #5
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    219
    Nama asli
    Faizal Amir
    Rep Power
    67
    Quote Originally Posted by umar View Post
    bantu jawab sepengetahuan gw aja nih:

    kalo emang mau aman dalam hal ini 'pembuktiannya' kuat, berarti harus didaftarin di dirjen hak cipta lagunya karena karya seni berbentuk lagu menurut UU Hak Cipta itu masuk rezim perlindungan hak cipta. terus kalo ga didaftarin? itu ga serta merta lagu lo ga dianggap, semua karya seni yang lahir dari penciptanya pada dasarnya itu sudah menjadi atas namanya dan serta merta dilindungi hak ciptanya (terlepas dari isu copyright dan lainnya yang nanti bisa dialihkan) cuma ya tadi, kalo ga didaftarin susah juga buat dilindungi kalo suatu hari nanti ada masalah, makanya pendaftaran ke dirjen hak cipta itu untuk mengutakan dari segi pembuktian aja. CMIIW
    wah makasih atas infonya bro. berarti memang mesti resmi didaftarkan gitu ya biar terdaftar sebagai hak milik saya. *baru tau*
    saya barusan baca di hukumonline.com, memang mesti mendaftarkan notasi lagunya, lirik lagunya, dan mengirim demo berbentuk CD/DVD.

    nanti saja deh kalau sudah beneran terjun ke dunia tarik suara beneran. kalau sekarang masih iseng-iseng aja. hahaha..

  8. #6
    Join Date
    Feb 2012
    Location
    Bogor
    Posts
    97
    Nama asli
    fatchur
    Rep Power
    47
    Quote Originally Posted by umar View Post
    bantu jawab sepengetahuan gw aja nih:

    kalo emang mau aman dalam hal ini 'pembuktiannya' kuat, berarti harus didaftarin di dirjen hak cipta lagunya karena karya seni berbentuk lagu menurut UU Hak Cipta itu masuk rezim perlindungan hak cipta. terus kalo ga didaftarin? itu ga serta merta lagu lo ga dianggap, semua karya seni yang lahir dari penciptanya pada dasarnya itu sudah menjadi atas namanya dan serta merta dilindungi hak ciptanya (terlepas dari isu copyright dan lainnya yang nanti bisa dialihkan) cuma ya tadi, kalo ga didaftarin susah juga buat dilindungi kalo suatu hari nanti ada masalah, makanya pendaftaran ke dirjen hak cipta itu untuk mengutakan dari segi pembuktian aja. CMIIW
    nah jawaban dari SH nih hahaha
    kalo ada yg daftarin pake nama org lain gmana mar?lewat aja itu ya lagu2nya bkn punya kta lg?


    [url]http://soundcloud.com/bullseyerock[/url]

  9. #7
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jati Asih, dimana masih banyak air & udara yang jujur
    Posts
    2,942
    Nama asli
    W. Tejomoyo
    Rep Power
    144
    Kalau mau daftar hak paten bisa ke dirjen HAKI departemen MENHUMKAM, sertifikat keluar sekitar 6 bulan setelah di daftarkan. Biaya kalo ga salah sekitar Rp. 75rb/Lagu. (coba di cross check ke dirjen HAKI soal biaya terbaru)

    Di jaman sekarang menurut gw kita musti open minded, ini jamannya informasi banyak berseliweran, baik yg halal atau haram

    Lagu itu juga bagian dari informasi.
    Informasi tentang karya kita juga informasi tentang kemampuan & kualitas ente bikin lagu.

    Kalo kita terlalu parno urusan bajak membajak di jaman informasi spt sekarang...waduh, bakalan ketinggalan kita sama musisi2 yg lain yg lebih berani ngambil resiko di bajak tapi "informasi tentang dia" menyebar sporadis ke seantero pendengar2.

    No pain, no gain.
    Anggap aja resiko lagu lo di bajak itu adalah konsekwensi "pain" yang harus kita terima dari keuntungan penyebaran informasi tentang ente bro.
    Anggap aja lagu kita itu adalah "kartu nama" kita yg kita sebar kemana2.
    Urusan di bajak bagian dari konsekwensi & resiko di jaman informasi spt skarang.

    Menurut gw resiko itu tetap ada, tapi keuntungannya jauh lebih besar dari resikonya.
    Lagian khan kita dikasih anugerah bakat utk menciptakan lagu2 yg lain, siapa tau lagu ente yg ke sekian ratus barulah akan menjadi pendongkrak karir ente di jagat musik kita.
    Who knows?

    Buang jauh2 rasa takut akan resiko.
    No pain, no gain

  10. The Following 2 Users Say Thank You to Moio For This Useful Post:

    donnykbs (02-01-2013), faiz10march (02-01-2013)

  11. #8
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,978
    Nama asli
    Noviari Sugianto
    Rep Power
    162
    Sependapat sama Moio... lagu kita dibajak dan tersebar kemana-mana bisa jadi adalah promosi gratis. Kita gak perlu keluar biaya, tapi orang-orang jadi tau tentang kita.

    Cuman lain halnya kalo terjadi seperti yang dikhawatirkan Faizal:
    Quote Originally Posted by faiz10march View Post
    nah disini yang saya takutkan kalau dipublish ke umum gitu, mungkin saja nanti ada yang mencontek atau mengklaim lagu saya itu sebagai karyanya.
    Dan kejadian di atas itu beneran kejadian lho. Waktu itu ada member BM sini yang karyanya dijiplak sama artis penyanyi cewek yg cukup terkenal. Ironisnya itu lagu dijiplak persis sama, sampe aransemen dan intronya pun sama, cuman diganti judulnya doang

    Kalo udah kayak gitu, informasi tentang si pencipta lagu jadi gak tersebar. Karena publik taunya itu lagu adalah karya si penyanyi terkenal tsb. Apalagi, kejadian di atas, itu penyanyi dari label besar pula.

    Ada baiknya mesti ati-ati juga
    Last edited by noviari; 02-01-2013 at 10:04.
    -noviari-



    ... so many people are spend thousands of dollars on gears and they don't even know how to use them, the most important thing is just take the gears you have and start to use them ...

  12. The Following User Says Thank You to noviari For This Useful Post:

    faiz10march (02-01-2013)

  13. #9
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,149
    Nama asli
    Dimaz Prayudha
    Rep Power
    90
    Pada intinya hak cipta itu ketika sudah selesai diciptakan, dia langsung dilindungi, hal ini juga dipertegas di UU Hak Cipta kita.

    Memang ada baiknya juga melakukan perlindungan dengan mendaftarkan ke Dirjen HKI (di Tangerang tempatnya), krn ketika ada sengketa, lo punya bukti yang kuat juga.

    Klo di youtube, kan bisa di protect bukan ya soal copyright nya. (mungkin ada yang lebih tau).

    Ya klo emang udah di publish ke orang-orang ya memang ada resiko akan ditiru atau dibajak, ya namanya resiko bro, bener yang dibilang Moio diatas.
    [URL=http://s1030.photobucket.com/user/bolkicut/media/TWFD_231213.jpg.html][/URL]

    Intellectual Property Rights Consultant
    Email: [email]super_dimaz@hotmail.com[/email]
    Twitter: @dimazprayudha or @TWFD_official

  14. The Following User Says Thank You to Dimaz For This Useful Post:

    faiz10march (02-01-2013)

  15. #10
    Join Date
    May 2007
    Location
    di depan laptop
    Posts
    1,410
    Nama asli
    widia rivandi
    Rep Power
    105
    kalo kasus yang member BM itu gw dapet ceritanya begini

    si member BM ini punya guru gitar, yang waktu itu guru gitarnya diminta bantuan untuk membuat lagunya

    pada proses penciptaannya si Member BM dan gurunya ini membuat bersama-sama

    tapi setelah itu ternyata gurunya ini malah ngejual hasil itu ke penyanyi wanita terkenal (terkenal bukan berarti bagus loh ) ,dengan judul yang beda, notasinya mah sama
    musik ditentukan dari intelektual dan status sosial adalah feodalisme era modern


    terlihat pintar tapi kampungan ..apakah itu

    Fuzz you Motherflanger

  16. The Following User Says Thank You to WiFi For This Useful Post:

    faiz10march (02-01-2013)

Page 1 of 5 123 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. (HKI) Hak Cipta atas lagu atau musik
    By Dimaz in forum Korner Manajemen & bisnis musik
    Replies: 36
    Last Post: 02-11-2010, 09:31
  2. Lomba Cipta Lagu
    By speakloud in forum Member feedback
    Replies: 9
    Last Post: 28-10-2008, 10:46
  3. Lomba Cipta Lagu BNI
    By Moio in forum Korner lomba, kompetisi & festival musik
    Replies: 2
    Last Post: 14-02-2008, 01:24

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •