Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 21 to 30 of 44

Thread: Hak Cipta Sebuah Lagu Pribadi?

  1. #21
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,149
    Nama asli
    Dimaz Prayudha
    Rep Power
    89
    Klo di sertifikat Hak Cipta nanti disebutkan kok

    Nama pencipta, judul lagu, lampiran notasi & lirik, sama tanggal berapa lagu tersebut pertama kali diumumkan dan di kota mana.
    [URL=http://s1030.photobucket.com/user/bolkicut/media/TWFD_231213.jpg.html][/URL]

    Intellectual Property Rights Consultant
    Email: [email]super_dimaz@hotmail.com[/email]
    Twitter: @dimazprayudha or @TWFD_official

  2. #22
    Join Date
    Mar 2012
    Location
    Bogor
    Posts
    260
    Nama asli
    Umar Bawahab
    Rep Power
    50
    ^mantep nih bengkelmusik punya IP consultant

    nanya dong, kalo kita mau daftarin lagu itu yang dibawa apa aja sih maz? cd lagunya aja atau sama notasi segala macem gitu? sama satu lagi nih, gw masih bingung itu permasaan pokoknya dalam sebuah lagu ampe dibilang plagiat itu batesannya apa sih?

  3. #23
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,149
    Nama asli
    Dimaz Prayudha
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by umar View Post
    ^mantep nih bengkelmusik punya IP consultant

    nanya dong, kalo kita mau daftarin lagu itu yang dibawa apa aja sih maz? cd lagunya aja atau sama notasi segala macem gitu? sama satu lagi nih, gw masih bingung itu permasaan pokoknya dalam sebuah lagu ampe dibilang plagiat itu batesannya apa sih?

    Klo mau daftarin, siapin lampiran

    - 2 cd yang isi-nya lagu kita
    - 10 lembar salinan notasi & lirik

    Nah yang ribet itu isi form-nya, kudu diisi pake mesin tik, hari gini masih pake mesin ketik.

    Dalam UU kita itu yang dibilang plagiat sebuah lagu itu dinilai dari segi kualitatif-nya bukan kuantitas-nya.

    Misalkan lo pasti pernah denger, klo dibilang plagiat itu klo jiplak 4 atau 8 bar, nah ini adalah pernyataan yang salah.

    Yang bener itu dilihat dari segi subtansial atau paling khas dari lagu tersebut, bisa jadi kurang dari 10% dari lagu tersebut.

    Jadi ya memang sulit untuk membuktikannya, biasanya klo dipengadilan, dipanggil saksi ahli buat memberikan pendapatnya.
    [URL=http://s1030.photobucket.com/user/bolkicut/media/TWFD_231213.jpg.html][/URL]

    Intellectual Property Rights Consultant
    Email: [email]super_dimaz@hotmail.com[/email]
    Twitter: @dimazprayudha or @TWFD_official

  4. The Following 5 Users Say Thank You to Dimaz For This Useful Post:

    4Stringer (03-01-2013), Cyed (03-01-2013), dcahyo (06-01-2013), faiz10march (03-01-2013), umar (04-01-2013)

  5. #24
    Join Date
    Apr 2009
    Location
    Jakarta Selatan
    Posts
    219
    Nama asli
    Faizal Amir
    Rep Power
    66
    Quote Originally Posted by Dimaz View Post
    Klo mau daftarin, siapin lampiran

    - 2 cd yang isi-nya lagu kita
    - 10 lembar salinan notasi & lirik

    Nah yang ribet itu isi form-nya, kudu diisi pake mesin tik, hari gini masih pake mesin ketik.

    Dalam UU kita itu yang dibilang plagiat sebuah lagu itu dinilai dari segi kualitatif-nya bukan kuantitas-nya.

    Misalkan lo pasti pernah denger, klo dibilang plagiat itu klo jiplak 4 atau 8 bar, nah ini adalah pernyataan yang salah.

    Yang bener itu dilihat dari segi subtansial atau paling khas dari lagu tersebut, bisa jadi kurang dari 10% dari lagu tersebut.

    Jadi ya memang sulit untuk membuktikannya, biasanya klo dipengadilan, dipanggil saksi ahli buat memberikan pendapatnya.
    wah makasih infonya bro Dimaz, berguna sekali.

    serem jg ya pake ada pengadilan segala, kayak koruptor aja
    tapi jadi adil lah kalo ternyata ada suatu kemiripan lagu bisa diselesaikan secara hukum

  6. #25
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,149
    Nama asli
    Dimaz Prayudha
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by faiz10march View Post
    wah makasih infonya bro Dimaz, berguna sekali.

    serem jg ya pake ada pengadilan segala, kayak koruptor aja
    tapi jadi adil lah kalo ternyata ada suatu kemiripan lagu bisa diselesaikan secara hukum
    Banyak kasus hak cipta tentang lagu yang diselesaikan secara kekeluargaan kok, ga harus ampe pengadilan.
    [URL=http://s1030.photobucket.com/user/bolkicut/media/TWFD_231213.jpg.html][/URL]

    Intellectual Property Rights Consultant
    Email: [email]super_dimaz@hotmail.com[/email]
    Twitter: @dimazprayudha or @TWFD_official

  7. #26
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Bekasi - Jakarta - Bekasi
    Posts
    495
    Nama asli
    Erick Timisela
    Rep Power
    55
    seperti nya kedua lagu ini mirip2 yaah pas dibagian reff, apakah hanya kebetulan saja yaa
    CMIIW

    [media]http://www.youtube.com/watch?v=g5t1rt_becM[/media]

    [media]http://www.youtube.com/watch?v=_-EhQAikrhE[/media]

    [url]http://kreavi.com/ericktimisela[/url]
    [url]https://twitter.com/ericktimisela[/url]
    [url]http://www.facebook.com/erick.timisela[/url]
    [url]http://www.youtube.com/ericktimiselamusic[/url]
    YM : [email]curut_jagoan@yahoo.com[/email]

  8. #27
    Join Date
    May 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    56
    Nama asli
    samuel fernando
    Rep Power
    45
    Quote Originally Posted by Dimaz View Post
    Banyak kasus hak cipta tentang lagu yang diselesaikan secara kekeluargaan kok, ga harus ampe pengadilan.
    inti nya..


    wani piro...

  9. #28
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,149
    Nama asli
    Dimaz Prayudha
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by samfernandez_ View Post
    inti nya..


    wani piro...
    Hahhahahahahahaa

    Biasa-nya klo sesama pencipta, sih ga ampe segitunya, paling hanya butuh saling respect aja dah cukup
    [URL=http://s1030.photobucket.com/user/bolkicut/media/TWFD_231213.jpg.html][/URL]

    Intellectual Property Rights Consultant
    Email: [email]super_dimaz@hotmail.com[/email]
    Twitter: @dimazprayudha or @TWFD_official

  10. #29
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    Bekasi--Jakarta--Bekasi [PP]
    Posts
    3,364
    Nama asli
    Christoperson
    Rep Power
    102
    Quote Originally Posted by Dimaz View Post
    Klo mau daftarin, siapin lampiran

    - 2 cd yang isi-nya lagu kita
    - 10 lembar salinan notasi & lirik

    Nah yang ribet itu isi form-nya, kudu diisi pake mesin tik, hari gini masih pake mesin ketik.

    Dalam UU kita itu yang dibilang plagiat sebuah lagu itu dinilai dari segi kualitatif-nya bukan kuantitas-nya.

    Misalkan lo pasti pernah denger, klo dibilang plagiat itu klo jiplak 4 atau 8 bar, nah ini adalah pernyataan yang salah.

    Yang bener itu dilihat dari segi subtansial atau paling khas dari lagu tersebut, bisa jadi kurang dari 10% dari lagu tersebut.

    Jadi ya memang sulit untuk membuktikannya, biasanya klo dipengadilan, dipanggil saksi ahli buat memberikan pendapatnya.
    Dimaz,
    kalu begitu, berarti plagiat bisa terjadi dalam arti yg luas banget yakk..!??
    Interests:Compressors, PreAmps, OverDrives, Amp Simulators, Cab Sims, EQs.....


    [URL]http://www.youtube.com/user/string4madness[/URL]

    KEEP ON ROCKIN'
    \m/
    Spoiler:


  11. #30
    Join Date
    Mar 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,149
    Nama asli
    Dimaz Prayudha
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by 4Stringer View Post
    Dimaz,
    kalu begitu, berarti plagiat bisa terjadi dalam arti yg luas banget yakk..!??
    Ya bisa dibilang begitu, makanya biasanya klo diluar negeri kasus-kasus plagiat pasti end-up di pengadilan, dan biaya ganti rugi-nya besar. Dan banyak juga kasus menyatakan bahwa tidak terjadi pelanggaran hak cipta. Jadi memang sangat luas dan rumit lah pembuktiannya.

    Tapi itu tergantung si pencipta sih Chris, dia merasa ga lagu-nya itu dijiplak, klo iya ya pilihannya ada 2:
    1. Cuekin aja
    2. Kirim surat supaya menyelesaikan secara kekeluargaan
    3. Lakukan tindakan hukum.
    [URL=http://s1030.photobucket.com/user/bolkicut/media/TWFD_231213.jpg.html][/URL]

    Intellectual Property Rights Consultant
    Email: [email]super_dimaz@hotmail.com[/email]
    Twitter: @dimazprayudha or @TWFD_official

  12. The Following 2 Users Say Thank You to Dimaz For This Useful Post:

    4Stringer (04-01-2013), Moio (04-01-2013)

Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. (HKI) Hak Cipta atas lagu atau musik
    By Dimaz in forum Korner Manajemen & bisnis musik
    Replies: 36
    Last Post: 02-11-2010, 09:31
  2. Lomba Cipta Lagu
    By speakloud in forum Member feedback
    Replies: 9
    Last Post: 28-10-2008, 10:46
  3. Lomba Cipta Lagu BNI
    By Moio in forum Korner lomba, kompetisi & festival musik
    Replies: 2
    Last Post: 14-02-2008, 01:24

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •