Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15

Thread: Artikel : Kurangi Waktu Bermusik Anda Demi Menghasilkan Musik

  1. #1
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta & Surabaya
    Posts
    3,770
    Nama asli
    Vidi Rosen
    Rep Power
    153

    Artikel : Kurangi Waktu Bermusik Anda Demi Menghasilkan Musik

    Kurangi Waktu Bermusik Anda Demi Menghasilkan Musik
    Translated by Teddy Satrio
    fleizenkruz bassist Max Havelaar




    Gw pernah nerjemahin artikel orang tentang hal ini, silahkan dibaca:

    Kurangi Waktu Bermusik Anda Demi Menghasilkan Musik

    Saya yakin anda pernah juga berjuang dengan kreativitas anda dalam menghasilkan sebuah karya. Anda menghabiskan waktu yang banyak untuk menyelesaikan lagu anda. Pernahkah anda merasa malas untuk mulai menciptakan sebuah lagu karena merasa tidak akan pernah punya cukup waktu untuk menyelesaikannya?

    Saya mengerti perasaan itu.

    Sekitar 6 bulan yang lalu saya membuat sebuah komitmen bahwa selama 30 hari saya akan mengerjakan musik minimal 2 jam sehari, tiap hari. Apapun yang saya lakukan tidak penting, selama itu adalah menciptakan sebuah karya. Saya berpikir bahwa saya butuh disiplin semacam ini demi menyelesaikan semua ide-ide lagu yang tidak pernah tergarap sampai selesai. Janji itu berjalan baik di 5 hari pertama dan saya sendiri sangat termotivasi di 3 hari pertama. Lalu kejadian-kejadian di dunia nyata mulai mengganggu janji tersebut dan motivasi saya terkikis sedikit demi sedikit. Saya menghasilkan beberapa karya yang lumayan, tapi saya pribadi merasa bahwa saya gagal untuk menjalankan komitmen saya di awal. Saya memutuskan untuk meninggalkan komitmen tersebut dengan kemungkinan untuk menjalankannya kembali di lain waktu. Saya pribadi meraa bahwa tujuan utama dari komitmen ini tidak realistis bagi saya pribadi (saya katakan “bagi saya pribadi” karena mungkin untuk beberapa orang di luar sana komitmen tersebut bisa saja terdengar masuk akal. Kalau anda merasa begitu, saya persilahkan untuk anda jalankan!)

    Tahun ini saya mencoba pendekatan yang berbeda, untuk tujuan apapun dalam hidup.

    Anggaplah ini sebagai sebuah latihan. Ide utamanya adalah untuk membangun kebiasaan dahulu daripada sudah berpikir mengenai proses produksi maksimal dan hasilnya. Ide baru saya ini adalah menciptakan sebuah tujuan yang sangat sederhana, sehingga akan sangat keterlaluan apabila saya tidak bisa mencapainya tiap hari. Kuncinya disini adalah SETIAP HARI, bukan 5 hari seminggu, bukan hari-hari lainnya… SETIAP HARI. Hal ini penting dalam membangun sebuah kebiasaan.

    Ketika saya memutuskan untuk berolahraga supaya lebih bugar, saya memutuskan untuk berkomitmen melakukan 20 kali push up dan 50 kali sit up. Tidak lebih dan tidak kurang. Hal itu cukup mudah untuk dilakukan dan hanya menghabiskan waktu beberapa menit saja tiap hari. Walaupun saya tidak melihat ada perkembangan penting dalam kebugaran tubuh saya, saya justru melihat bahwa kebiasaan saya berolahraga terbangun dengan kuat.

    Karena sudah menjadi kebiasaan, saya memutuskan untuk mulai menambah beban latihan dengan menambah porsi sit up dan push up serta menambah latihan beban dalam program latihan saya. Akhirnya saya tidak saja memperhatikan adanya perbedaan, tapi saya bahkan tidak bisa berpikir untuk membolos latihan sehari saja.

    Intinya disini adalah menciptakan kebiasaan terlebih dahulu, dan ketika kebiasaan tersebut sudah mulai terbangun, pelan-pelan kita tingkatkan tantangan sedikit demi sedikit sehingga kta menjadi cukup tertantang, tapi tidak terlalu susah sehingga kita sampai tergoda untuk membolos latihan sehari saja.

    Kembali ke produksi musik…

    Ide saya untuk anda adalah mendedikasikan diri anda selama 15 menit per hari, tiap hari, untuk membuat musik. Tidak penting apapun yang anda lakukan, tapi pastikan bahwa anda berkreasi dengan cara apapun

    Jika anda sedang tidak berada di depan komputer atau di luar rumah, mungkin anda bisa meminjam gitar akustik teman anda, menulis lirik lagu atau menyenandungkan sebuah melodi dan merekamnya di sebuah perekam portabel. Apapun situasinya, dimanapun anda berada… tidak ada alasan… 15 menit! Itu saja.

    Sejalan dengan terbangunnya kebiasaan anda, beberapa hal akan mungkin terjadi :
    1. Otak anda akan terbiasa untuk kreatif dan ide-ide baru akan mulai bermunculan
    2. Anda akan menjadi lebih produktif dalam 15 menit dibandingkan dengan orang lain yang menghabiskan waktu 1 jam. Inilah sisi positif dari kebiasaan. Kebiasaan akan mengarahkan kita pada hidup yang lebih efisien.
    3. Anda mungkin akan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit di suatu waktu, tapi jangan dijadikan alasan untuk mengurangi waktu 15 menit anda di keesokan harinya.
    Saya yakin apabila anda melakukan ide saya untuk membangun kebiasaan dalam kehidupan bermusik anda dan untuk hal-hal lain dalam hidup anda, anda akan mendapatkan pencapaian-pencapaian yang tidak pernah anda kira sebelumnya!

    Sedikit pendekatan yang berbeda yang bisa anda coba

    Saat anda sudah bisa membangun kebiasaan tersebut, anda dapat menciptakan berbagai cara untuk mendorong kreativitas anda lebih jauh lagi. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan batasan pada kreativitas anda setiap hari. Ya, saya tidak salah tulis, batasilah waktu anda!

    “Hari ini saya hanya akan menghabiskan waktu 30 menit untuk membuat musik”.

    Hal ini merupakan cara yang baik untuk melatih otak kiri anda yg bersifat analitis untuk tidak menebak-nebak segala hal yang anda lakukan dan menciptakan sebuah urgensi untuk mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit.

    Bukankah ini adalah alasan mengapa ada kematian? Jika tidak ada kematian, maka hanya sedikit diantara kita yang akan melakukan hal-hal yang berguna, karena kita akan berpikir, “ah, masih ada hari esok”.

    Jangan menunggu sampai besok, mulailah hari ini dan setiap hari. Mulailah dari hal yang kecil untuk membentuk sebuah kebiasaan, dan mulailah menambah bebannya ketika kebiasaan anda sudah terbentuk. Semoga beruntung!


    Artikel asli oleh Jason Timothy. Versi asli dapat dilihat di : [URL]http://www.musicsoftwaretraining.com/blog/?p=234[/URL]


    Last edited by Vidi Rosen; 24-12-2012 at 10:32.

  2. The Following 14 Users Say Thank You to Vidi Rosen For This Useful Post:

    4Stringer (22-12-2012), Archangel (02-01-2013), dcahyo (04-01-2013), fabian (03-01-2013), faiz10march (01-01-2013), gooswyn (22-12-2012), kc.bulibul (26-12-2012), mazbay (22-12-2012), Moio (22-12-2012), musicman (22-12-2012), rudk (20-08-2013), Seventh String (22-12-2012), trianto (22-12-2012), Vyo (03-01-2013)

  3. #2
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    jogja
    Posts
    221
    Nama asli
    bayu mondayz
    Rep Power
    71
    menciptakan kebiasaan,konsistensi & menikmati proses...

    "it doesn't matter how slow u go..as long as u don't stop"

    nothing ventured..nothing gained

    [URL="https://soundcloud.com/bayu-bawono"]https://soundcloud.com/bayu-bawono[/URL]

  4. The Following 3 Users Say Thank You to mazbay For This Useful Post:

    4Stringer (22-12-2012), fleizenkruz (25-12-2012), musicman (22-12-2012)

  5. #3
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    dah gak Jakarta Kota Ngehe lagi...sekarang di deket ciledug (pondok kacang timur)
    Posts
    2,733
    Nama asli
    andika eri trianto
    Blog Entries
    1
    Rep Power
    120
    mana neh andi 'kingkomg' kakashi.?? perlu baca neh...

    thanks anyway

    visit my blog
    [url]www.guitarbuntung.wordpress.com[/url]

  6. #4
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    264
    artikel yang bagus.. saya akan berubah..
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  7. #5
    Join Date
    May 2007
    Location
    Fish & Crocodile City
    Posts
    3,572
    Nama asli
    Daniel Renatan
    Rep Power
    128
    komitmen, sebuah kata yang mudah diucapkan tapi susah dilakukan...
    _____
    Guitar for God and Guitar for Good

  8. The Following User Says Thank You to Seventh String For This Useful Post:

    fleizenkruz (25-12-2012)

  9. #6
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,107
    Nama asli
    Gooswyn - Killing Bach
    Rep Power
    126
    sangat inspirasional
    ---STRATOMAN--- :
    DISPLAY BARANG DAGANGAN: [url]www.gooswynguitars.com[/url]

    - overdrive and stratocaster lover -

  10. #7
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Jakarta & Surabaya
    Posts
    3,770
    Nama asli
    Vidi Rosen
    Rep Power
    153
    menurut gue kalau kita mau menjadikan musik sebagai suatu karir ya ini konsekuensinya

    Inget cerita Om Jamz beberapa tahun lalu waktu dia commit utk menghabiskan 2 jam sehari buat berlatih di rumah setiap pagi dan ternyata dia di tegor kok main musik terus nggak kerja kerja? Terus dia ngomong lah emang gue lagi ngapain nih ...??? hehehehehehe

  11. The Following User Says Thank You to Vidi Rosen For This Useful Post:

    fleizenkruz (25-12-2012)

  12. #8
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    431
    Nama asli
    Teddy Satrio
    Rep Power
    55
    alhamdulillah buat yg bisa ngambil manfaat dari artikelnya

    Intinya sebenernya emang cuma 1, menciptakan kebiasaan. Ilmu ini pasti kalian sering dapet juga kalo ada sesi training dari kantor-kantor gitu, cuma emang yg gw terjemahin ini naro konteksnya dalam hidup orang yg main musik.

    Gw sendiri mulai praktekin, sehari 15 menit aja. Ga peduli menghasilkan apa, pokoknya 15 menit harus main bass. Baik itu pulang kantor atau pagi pas bangun tidur, pokoknya 15 menit main bass! Gw pun batasin 15 menit itu cuma play along lagu-lagu dari koleksi gw aja, ga perlu menciptakan bassline sendiri atau bahkan nulis lagu. Untuk sesi nulis lagu biasanya gw lakukan pada saat workshop bersama band.
    #SahabatMiras

  13. The Following User Says Thank You to fleizenkruz For This Useful Post:

    Cyed (04-01-2013)

  14. #9
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    Sukoharjo
    Posts
    8
    Nama asli
    Yanuar Indra Yudha C
    Rep Power
    0
    Nice post broooo....

  15. #10
    Join Date
    Jan 2013
    Location
    Dirumah
    Posts
    136
    Nama asli
    Vyo
    Rep Power
    44
    orang bisa karna terbiasa
    tidak ada yang tidak bisa, yang ada hanyalah belum bisa
    thanks buat artikelnya yang bermanfaat

Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Bermain Musik Demi Kesehatan Otak
    By gooswyn in forum Korner Kesehatan Musisi
    Replies: 3
    Last Post: 14-09-2013, 03:12
  2. Kurangi Berat Badan dengan Tidur Lebih Lama
    By kribo in forum Korner Kesehatan Musisi
    Replies: 24
    Last Post: 07-04-2010, 10:02
  3. Musik dan tipe kepribadian ANDA
    By Steaven in forum Korner aliran & review karya musik
    Replies: 26
    Last Post: 07-04-2009, 03:13
  4. Musik untuk jantung anda
    By Aero_seth in forum Korner Kesehatan Musisi
    Replies: 6
    Last Post: 09-02-2009, 09:05

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •