Page 2 of 5 FirstFirst 1234 ... LastLast
Results 11 to 20 of 48

Thread: [ASK] SOLDER Kualitas Bagus

  1. #11
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Crocodile City
    Posts
    1,545
    Nama asli
    Ronny Octavia
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by musicman View Post
    gile deh solder aje bisa jadi bahan GAS tersendiri
    Soalnya penting bro.. benernya yang penting timah nya itu.. kalau pake nature sound apa WBT di wiring jelas beda suaranya, buat gua kedengeran sih bedanya.. nah masalahnya timah yang silver gitu kudu pake solder panas dan bagus buat bikin leleh kalau ndak mah lama banget lelehnya hehehe...
    The GUITAR will choose his MASTER

  2. #12
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Ciputat
    Posts
    277
    Nama asli
    Muhamad Nurdinsyah
    Rep Power
    79
    Solder gue setuju sama Radika pake Goot !!! harga sekitaran 100 rebu . Itu asli made in Japan dengan harga terjangkau. Kalo buat effect sediain aja ujung yang kecil satu yang standard satu ( yang bagus ujung nya merk goot juga ). Solder asal penggunaan nya bener awet kok.

    Timah pake Asahi aja bagus tuh satu spool di jamin kagak abis abis pake nya menurut gue jauh lebih bagus asahi di banding paragon/pancing gitu gitu. Kalo yang WBT/Audionote/cardas dll itu udah lebih ke penggunaan hifi audio. Rata rata penggunaan untuk musik masih yang biasa biasa aja kok non silver solder. Tapi kalau mau nyobain ya monggo.

    Mahal belum tentu bagus menurut gue di aplikasi musik. Kalau mau bedain coba aja semua wiring gitar di ganti timah campuran silver, dengerin trus bersihin semua sampe bersih solder ulang pake timah biasa. Mana yang di suka ? ya selera. Jangan lupa timah hifi audio punya character masing masing misal merk wbt ngeluarin charc spt apa , cardas spt apa dll dll . Di hifi audio kadang satu rangkaian PCB memakai berbagai macam merk timah untuk mendapatkan charc sound tertentu.

    Setuju ama ronny di atas, kalo timah silver musti rada panas dikit solder nya kalo nggak lama cair nya.

    Just my 2 cents
    Last edited by Gpilot2000; 25-06-2012 at 10:37.
    " I was about 5 when i put my finger in a wall socket......i've been addicted to getting buzzed ever since. "

    Want To Buy :

    Vintage EV & JBL speakers ! (12" 8/16 Ohm JBLD130F or EV12L/EVM12L )

  3. #13
    Join Date
    Feb 2009
    Location
    Depok
    Posts
    2,639
    Nama asli
    Mochammad Ilham Jaya
    Rep Power
    120
    solder merk GOOT ada yang jual online [URL="http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14819830"]ditetangga sebelah[/URL] harganya 50rb...kalo di glodok bisa lebih murah tuh harganya

    ini ada sedikit artikel tentang timah solder....mungkin bisa jadi bahan masukan....jujur aja gw lumayan bingung bacanya

    [url]http://www.elektronikaonline.com/majalah-elektronika/memilih-timah-solder-yang-tepat.htm[/url]
    Memilih Timah Solder yang Tepat
    Doni Saldiro|1 March 2009 - 16:25 WIB|Alat & Perlengkapan|Komentar (51)

    Kualitas sambungan solder tergantung pada beberapa faktor, antara lain alat solder yang digunakan, kecakapan menyolder dan jenis timah solder. Dipasaran, tersedia berbagai macam jenis timah solder dengan spesifikasi yang berbeda-beda, dan tentu saja diperuntukkan bagi pekerjaan yang berbeda pula. Didalam menentukan pilihan jenis timah solder yang tepat, perlu diketahui sekilas tentang karakteristik utama timah solder dan faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik tersebut.

    Karakteristik timah solder ditentukan oleh dua faktor utama, yaitu komposisi campuran logam dan jenis flux yang terkandung didalam timah solder.
    Komposisi Campuran Timah Solder

    Timah solder terbuat dari campuran lebih dari satu jenis logam, atau dikenal dengan istilah alloy. Dua jenis logam yang lazim digunakan dibidang elektronika adalah timah (Sn) dan timbal (Pb), dengan berbagai macam perbandingan campuran. Perbandingan campuran ini dinyatakan melalui angka persentase perbandingan timah/timbal (Sn/Pb), sebagai contoh 60/40 dan 63/37. Jenis logam lain, seperti perak (Ag) dan tembaga (Cu), juga dapat ditambahkan dalam jumlah kecil (dikisaran 1% - 2%) untuk mendapatkan sifat-sifat tertentu.

    Perbandingan campuran timah dan timbal mempengaruhi karakteristik timah solder, antara lain kekuatan sambungan solder, kelancaran aliran timah solder cair, titik lebur timah solder dan mekanisme perubahan wujud timah solder dari padat menjadi cair dan sebaliknya.
    Kekuatan Sambungan Solder

    Kekuatan sambungan solder dinyatakan melalui dua parameter, yaitu kekuatan tarik (tensile strength) dan kekuatan robek (shear strength). Kekuatan tarik dan robek timah solder dengan perbandingan campuran 60/40 adalah 52MPa dan 39MPa, sedangkan untuk perbandingan campuran 63/37 adalah 54MPa dan 37MPa.

    Dapat dilihat bahwa perbedaan kekuatan sambungan solder antara timah solder dengan perbandingan campuran 60/40 dan 63/37 tidaklah signifikan. Kedua perbandingan campuran ini, dari sudut kekuatan sambungan solder yang dihasilkan, cocok untuk digunakan dibidang elektronika.

    Perlu ditambahkan bahwa kekuatan dan kualitas sambungan solder dapat ditingkatkan dengan menambahkan campuran logam perak dalam jumlah kecil (berkisar diantara 1% - 2%).
    Aliran Timah Solder Cair

    Kelancaran aliran timah solder cair, atau dikenal dengan istilah wetting, adalah kemampuan timah solder cair untuk membasahi permukaan benda yang disolder. Tentu saja, semakin lancar aliran timah solder cair, semakin mudah bagi timah solder cair untuk membasahi permukaan benda yang disolder, sehingga sambungan solder yang dihasilkan menjadi lebih baik. Sebaliknya, aliran yang tidak baik akan menghasilkan sambungan solder yang lebih tebal atau jika terlalu parah malah membentuk gumpalan timah solder yang tidak menempel.

    Timah solder dengan perbandingan campuran 63/37 memiliki kelancaran aliran yang sedikit lebih baik dari pada timah solder dengan perbandingan campuran 60/40. Untuk pekerjaan dibidang elektronika dengan sambungan yang kecil dan rapat, seperti penyolderan komponen Surface Mount Device (SMD), disarankan untuk menggunakan timah solder dengan perbandingan campuran 63/37 untuk mengurangi resiko gumpalan solder menjembatani kaki-kaki komponen yang berdekatan dan memastikan kaki komponen tersolder dengan sempurna.

    Timah solder dengan perbandingan campuran 60/40 dapat digunakan untuk pekerjaan yang menuntut sambungan solder yang lebih kokoh, seperti penyolderan kabel atau konektor yang berukuran sedang sampai besar. Diharapkan sambungan solder yang dihasilkan akan lebih tebal dan, tentu saja, akan lebih kuat.

    Kelancaran aliran timah solder cair dapat ditingkatkan dengan menambahkan campuran logam tembaga dalam jumlah kecil (berkisar diantara 1% - 2%).
    Titik Lebur dan Mekanisme Perubahan Wujud Timah Solder

    Timah solder dengan perbandingan campuran 60/40 mempunyai titik lebur 183C - 188C, dimana pada suhu 183C timah solder memasuki fasa plastis (melting solidus) dan kemudian mencair dengan sempurna pada suhu yang lebih tinggi dari 188C (temperature liquidus). Begitupun sebaliknya, perubahan wujud dari cair menjadi padat juga melalui fasa plastis pada rentang suhu yang sama. Pada fasa ini, pergerakan pada benda yang disolder akan mengubah bentuk dan merusak sambungan solder.

    Sebaliknya, timah solder dengan perbandingan campuran 63/37 mempunyai sifat eutectic, dimana perubahan wujud timah solder tidak melalui fasa plastis. Oleh karena itu, penggunaan timah solder eutectic dapat mengurangi terjadinya kerusakan sambungan solder yang diakibatkan oleh pergerakan benda sewaktu disolder. Sebagai tambahan, titik lebur timah solder eutectic berada pada satu titik suhu, yaitu 182C, dan tidak berupa rentangan suhu. Titik lebur ini juga merupakan suhu terendah yang dapat dicapai oleh campuran murni timah dan timbal.

    Jika benda yang disolder sulit untuk distabilkan secara mekanikal atau sangat sensitif terhadap suhu tinggi, seperti komponen SMD yang berukuran kecil, disarankan untuk menggunakan timah solder dengan perbandingan campuran 63/37.

    Penambahan campuran logam tembaga dalam jumlah yang kecil (berkisar diantara 1% - 2%) dapat menurunkan titik lebur timah solder.
    Flux

    Flux merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses penyolderan. Flux adalah senyawa yang bersifat korosif dan berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder, mencegah pembentukan lapisan oksidasi baru saat disolder dan menurunkan ketegangan permukaan (surface tension) timah solder cair.

    Lapisan oksidasi menghalangi timah solder membasahi permukaan benda yang disolder, akibatnya adalah sambungan solder tidak menempel, atau dikenal dengan istilah cold joint. Sedangkan ketegangan permukaan yang lebih rendah akan memudahkan timah solder cair untuk mengalir membasahi permukaan benda yang disolder. Akibat lain dari kesalahan penggunaan flux adalah timah solder cair lengket dan tertarik oleh ujung alat solder, sehingga sambungan solder tidak rata dan berujung runcing.
    Jenis-Jenis Flux

    Flux, berdasarkan jenisnya, dapat digolongkan kedalam dua kategori, yaitu rosin dan senyawa asam (acid). Rosin terbuat dari getah pohon pinus atau konifer yang telah dibersihkan dan diolah. Flux senyawa asam haruslah dicuci bersih setelah proses penyolderan. Jika tidak, sisa flux yang tertinggal dan bersifat korosif akan merusak sambungan solder, kaki komponen dan permukaan papan cetak. Flux jenis ini juga bersifat menarik uap air dari udara sekitar (hygroscopic) dan jika dibiarkan akan menyebabkan arus pendek pada rangkaian elektronika.

    Rosin, disisi lain, hanya aktif bekerja saat dipanaskan dengan alat solder. Setelah proses penyolderan selesai, flux rosin yang telah dingin kembali menjadi tidak aktif, tidak konduktif dan tidak korosif, sehingga dapat dibiarkan tinggal dipermukaan sambungan solder dan papan cetak tanpa perlu dicuci (no-clean flux). Selain flux rosin alami yang berasal dari getah pohon pinus, juga terdapat flux rosin buatan (synthetic rosin) dengan karakteristik menyerupai flux rosin alami.

    Flux juga dapat dikategorikan berdasarkan tingkat keaktifannya, yaitu tidak aktif (inactive), aktif ringan (mildly active), aktif (active) dan sangat aktif (highly active). Flux tidak aktif hanya mencegah terbentuknya lapisan oksidasi baru saat sedang disolder. Sedangkan flux lainnya, selain mencegah, juga dapat membersihkan lapisan oksidasi yang telah terbentuk. Flux yang lebih aktif mampu membersihkan lapisan oksidasi yang lebih tebal dan noda-noda lain. Akan tetapi karena bersifat lebih korosif, flux jenis ini harus dibersihkan setelah proses penyolderan.

    Kaki-kaki komponen elektronika yang baru lazimnya telah dilapisi dengan timah solder (tinned) dan dalam keadaan bersih. Oleh sebab itu, tidak diperlukan flux yang terlalu aktif. Flux yang tepat untuk digunakan dibidang elektronika adalah jenis rosin atau rosin sintetik aktif ringan yang tidak perlu dibersihkan (no-clean flux).
    Flux Tambahan

    Timah solder, terutama yang digunakan dibidang elektronika, sudah mengandung flux yang diisikan kedalam sejumlah saluran ditengah-tengah kawat timah solder (multi-core). Jumlah flux yang terkandung di dalam timah solder jenis ini biasanya berkisar diantara 1% - 4%, tergantung kepada jenis flux-nya. Jumlah saluran yang lebih dari satu ditujukan untuk memperbaiki dan meratakan penyebaran flux keseluruh permukaan benda yang disolder.

    Flux tambahan juga tersedia dipasaran dan dapat dipakai jika benda yang disolder terlalu kotor dan timah solder cair gagal menempel. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menggunakan flux tambahan, usahakan terlebih dahulu untuk membersihkan permukaan benda yang kotor dengan menggunakan sabut nilon atau ampelas yang sangat halus. Jika penggunaan flux tambahan tidak bisa dihindarkan, pastikan sisa-sisa flux dibersihkan setelah proses penyolderan.
    Diameter Kawat Timah Solder

    Ukuran diameter kawat timah solder yang tepat ditentukan oleh besar kecilnya sambungan solder yang dikerjakan. Sambungan solder yang kecil, seperti untuk komponen SMD, hanya membutuhkan sedikit timah solder. Agar jumlah timah solder yang dilelehkan dapat diatur dengan akurat dan menghindari kelebihan timah solder yang dapat menjembatani sambungan solder yang rapat, timah solder yang digunakan haruslah mempunyai diameter kawat kecil, yaitu 0,4mm - 0,5mm.

    Begitupun sebaliknya, jika sambungan solder yang dikerjakan berukuran besar, agar dapat melelehkan lebih banyak timah solder dengan cepat, sebaiknya menggunakan timah solder dengan diameter kawat lebih besar, yaitu 0,8mm - 1mm.

    Untuk komponen standar, dapat digunakan timah solder dengan diameter kawat 0,5mm -0,8mm, sesuai dengan kebiasaan atau persediaan yang ada.
    RoHS

    RoHSRestriction of Hazardous Substances Directive (RoHS) adalah kebijaksanaan pembatasan penggunaan unsur berbahaya yang dikeluarkan oleh Uni Eropa dan mulai berlaku awal Juli 2006. Timbal termasuk didalam daftar unsur berbahaya yang dibatasi pemakaiannya bagi produk elektronika komersial yang dibuat dan dipasarkan di wilayah Uni Eropa.

    Lead FreeSebagai pengganti, telah dikembangkan timah solder bebas timbal (lead-free). Komposisi yang populer digunakan saat ini adalah campuran logam timah, perak dan tembaga dengan berbagai macam perbandingan campuran. Perbandingan campuran eutectic untuk jenis timah solder ini, menurut NIST, adalah 95,6/3,5/0,9 dengan titik lebur 217C. Perbandingan campuran lain yang lazim dan banyak tersedia dipasaran adalah 96,5/3,0/0,5 dengan titik lebur 217C - 220C.

    Karena titik lebur timah solder bebas timbal sekitar 35C - 40C lebih tinggi dari pada timah solder biasa, diperlukan alat solder dengan spesifikasi suhu yang lebih tinggi. Selain itu, komponen elektronika yang sensitif terhadap suhu tinggi menjadi lebih rawan terhadap kerusakan. Sambungan solder yang dihasilkan pun terlihat tidak mengkilap sehingga sulit membedakan antara sambungan solder yang baik dan tidak baik. Karena itu, bagi pemula yang sedang mengasah keterampilan menyolder disarankan tidak menggunakan timah solder bebas timbal.

    Untuk mendapatkan titik lebur yang lebih rendah, timah solder bebas timbal dapat dicampur dengan logam indium atau bismuth. Selain itu, campuran logam bismuth juga berfungsi memperbaiki kelancaran aliran timah solder cair.
    Ringkasan Rekomendasi

    Untuk komponen elektronika standar, gunakan timah solder dengan perbandingan campuran 60/40 atau 63/37. Pilihlah timah solder berdiameter 0,5mm - 0,8mm, tergantung dari besar kecilnya sambungan solder yang dikerjakan. Pastikan timah solder tersebut mempunyai saluran majemuk berisikan flux rosin atau rosin sintetik aktif ringan yang tidak perlu dibersihkan (no-clean flux).

    Untuk komponen SMD yang berukuran kecil dengan kaki rapat, gunakan timah solder eutectic dengan perbandingan campuran 63/37. Pilihlah timah solder berdiameter 0,5mm dengan saluran majemuk yang berisikan flux rosin atau rosin sintetik aktif ringan yang tidak perlu dibersihkan (no-clean flux). Timah solder dengan tambahan kandungan logam tembaga juga dapat digunakan, karena mempunyai aliran timah solder cair yang lebih baik dan titik lebur yang lebih rendah.

    Jika permukaan benda yang disolder terlalu kotor, coba bersihkan terlebih dahulu. Jika terpaksa, gunakan flux tambahan yang lebih aktif, tetapi jangan lupa untuk membersihkan sisa flux setelah disolder.

    Jika ingin mengikuti peraturan RoHS, gunakan timah solder bebas timbal yang mengandung campuran logam timah, perak dan tembaga dengan perbandingan campuran 96,5/3,0/0,5 atau jika mudah didapatkan, perbandingan campuran eutectic 95,6/3,5/0,9. Bagi pemula tidak disarankan untuk menggunakan timah solder bebas timbal.

  4. The Following 6 Users Say Thank You to ilo-bugis For This Useful Post:

    cox06 (26-06-2012), dcahyo (26-06-2012), Indra YS (26-06-2012), mazbay (26-06-2012), musicman (26-06-2012), rads (26-06-2012)

  5. #14
    Join Date
    May 2012
    Posts
    40
    Nama asli
    edward
    Rep Power
    45
    Quote Originally Posted by musicman View Post
    gile deh solder aje bisa jadi bahan GAS tersendiri
    koleksi solder saya ada tiga : 1 merek goot, 2 merek murahan santus..tapi yg 1 udah rusak ujungnya menghitam (waktu msh belum tahu cara rawatnya dulu ).

    jadi bener selain nge GAS efek...juga ngegas solder

  6. #15
    Join Date
    May 2007
    Location
    Fish & Crocodile City
    Posts
    3,572
    Nama asli
    Daniel Renatan
    Rep Power
    126
    aku punya 2 solder goot, yang satu model pistol yang satunya model pensil biasa.

    Yang model pistol watt-nya gede banget, sekitar 100W, kalo nyolder pake ini harus mantap dan cepat, soalnya kalo kelamaan pasti barang yang disolder meleleh

    Yang model pensil watt-nya "cuma" 50W, ini buat nyolder yang ringan-ringan, misalnya kabel patch...

    Ada satu lagi sih yang murahan merk ga jelas seharga 25rb'an, ini buat nyolder peralatan rumah tangga seperti kabel listrik, lampu, setrika, dll...


    Timahnya untuk kebutuhan rumah tangga aku pake merek Paragon (rasanya sih buatan Surabaya), kalo untuk gitar & kabel patch aku pake merk WBT, semeter 20rb , nemunya baru itu sih
    _____
    Guitar for God and Guitar for Good

  7. #16
    Join Date
    May 2012
    Posts
    40
    Nama asli
    edward
    Rep Power
    45
    Quote Originally Posted by Seventh String View Post
    aku punya 2 solder goot, yang satu model pistol yang satunya model pensil biasa.

    Yang model pistol watt-nya gede banget, sekitar 100W, kalo nyolder pake ini harus mantap dan cepat, soalnya kalo kelamaan pasti barang yang disolder meleleh

    Yang model pensil watt-nya "cuma" 50W, ini buat nyolder yang ringan-ringan, misalnya kabel patch...

    Ada satu lagi sih yang murahan merk ga jelas seharga 25rb'an, ini buat nyolder peralatan rumah tangga seperti kabel listrik, lampu, setrika, dll...


    Timahnya untuk kebutuhan rumah tangga aku pake merek Paragon (rasanya sih buatan Surabaya), kalo untuk gitar & kabel patch aku pake merk WBT, semeter 20rb , nemunya baru itu sih
    nah kebetulan ada yg udah biasa praktek ..:P nanya2 dung...kan saya gi mo coba pake timah premium gitu spt wbt ato cardas..(ini msh hunting2 yg murah di net)...pertanyaanya :

    waktu solder kabel2 gitar pakai wbt itu...mas bro seventhstring msh pakai bantuan cairan flux gak ? krn saya liat ada tutorial solder di youttube (jack2 dan kabel)...bynk yg pakai cairan yg mereka sebut "liquid rosin flux" pada saat nyolder kabel2 gitar/plug.

    "siongka" yg istilah orang glodok (jkt) itu apakah sama dgn yg disebut sbg "liquid rosin flux"? takutnya saya pakai siongka yg sebotol ,kalo gk salah 10 ribuan itu..tahunya jack2 gitar saya malah bermasalah gitu..di kemudian hari..

    thx bgt mas bro...ato yg lainnya bisa membantu pertanyaan2 saya ini

    (artikelnya bagus di atas....otak saya aja yg lum nyampe hehe)

  8. #17
    Join Date
    May 2007
    Location
    Fish & Crocodile City
    Posts
    3,572
    Nama asli
    Daniel Renatan
    Rep Power
    126
    Quote Originally Posted by eddie.rh View Post
    nah kebetulan ada yg udah biasa praktek ..:P nanya2 dung...kan saya gi mo coba pake timah premium gitu spt wbt ato cardas..(ini msh hunting2 yg murah di net)...pertanyaanya :

    waktu solder kabel2 gitar pakai wbt itu...mas bro seventhstring msh pakai bantuan cairan flux gak ? krn saya liat ada tutorial solder di youttube (jack2 dan kabel)...bynk yg pakai cairan yg mereka sebut "liquid rosin flux" pada saat nyolder kabel2 gitar/plug.
    dulu pakai yang model "salep", sekarang ngga soalnya beberapa kali gara-gara salep itu bikin ujung mata soldernya cepat tumpul.
    sekarang sih aku lebih memboros timahnya, jadi bagian yang mau aku solder aku kerik dulu dikit pake silet atau amplas halus, lalu aku kasih timah yang cukup

    Quote Originally Posted by eddie.rh View Post
    "siongka" yg istilah orang glodok (jkt) itu apakah sama dgn yg disebut sbg "liquid rosin flux"? takutnya saya pakai siongka yg sebotol ,kalo gk salah 10 ribuan itu..tahunya jack2 gitar saya malah bermasalah gitu..di kemudian hari..

    thx bgt mas bro...ato yg lainnya bisa membantu pertanyaan2 saya ini

    (artikelnya bagus di atas....otak saya aja yg lum nyampe hehe)
    wah, kalo yang siongka kurang tahu saya....
    _____
    Guitar for God and Guitar for Good

  9. #18
    Join Date
    May 2007
    Location
    Cipete
    Posts
    1,064
    Nama asli
    Deddy Bram
    Rep Power
    90
    Solder jelas Goot aje.
    Kalo timah gw pake asahi.

    Buat solder2 gw masih lebih seneng pake flux, lebih gampang ketimbang kerok2 hahahaha...
    2 USA Guitars 1 Japanese Guitar 1 Taiwanese Guitar
    1 German Amp 1 German Preamp 1 USA Poweramp
    2 England Cabs

  10. #19
    Join Date
    Oct 2008
    Location
    Crocodile City
    Posts
    1,545
    Nama asli
    Ronny Octavia
    Rep Power
    89
    Quote Originally Posted by Seventh String View Post
    .....kalo untuk gitar & kabel patch aku pake merk WBT, semeter 20rb , nemunya baru itu sih
    Beli dimana Niel.. gua selalu import dari jakarta tuh heheh...
    The GUITAR will choose his MASTER

  11. #20
    Join Date
    Jul 2007
    Location
    Ciputat
    Posts
    277
    Nama asli
    Muhamad Nurdinsyah
    Rep Power
    79
    Quote Originally Posted by rohintan View Post
    Beli dimana Niel.. gua selalu import dari jakarta tuh heheh...
    Di genteng banyak , gue pernah beli 2 meter di sana. Toko nya lupa
    " I was about 5 when i put my finger in a wall socket......i've been addicted to getting buzzed ever since. "

    Want To Buy :

    Vintage EV & JBL speakers ! (12" 8/16 Ohm JBLD130F or EV12L/EVM12L )

Page 2 of 5 FirstFirst 1234 ... LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Cara nge'cek kualitas tube (tabung)
    By aryaradyta in forum Serba serbi efek gitar
    Replies: 2
    Last Post: 08-06-2012, 10:14
  2. Pentingnya kualitas tone ?
    By Adrian81 in forum Korner serba serbi gitar
    Replies: 12
    Last Post: 20-02-2012, 09:01
  3. kualitas mic
    By bummpi in forum Korner recording
    Replies: 0
    Last Post: 16-01-2011, 12:52
  4. Kualitas seorang alm. Chrisye
    By widiprasetyo in forum Korner vokalis
    Replies: 10
    Last Post: 06-06-2007, 05:38

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •