Page 2 of 4 FirstFirst 1234 LastLast
Results 11 to 20 of 31

Thread: DAFTAR MAKANAN YANG DILARANG

  1. #11
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262
    namanya herba max coffe, kesannya herbal.. taunya malah mengandung kimia
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  2. #12
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Rawamangun
    Posts
    355
    Nama asli
    Malcolm X
    Rep Power
    79
    Kenali Ciri Makanan Berformalin
    Tim Liputan 6 SCTV
    04/10/2011 12:50

    Liputan6.com, Jakarta: Produk berformalin secara perlahan akan membunuh konsumennya. Terlebih, sebagian besar makanan tersebut mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi masyarakat luas. Maka dari itu, ada baiknya mengenali ciri makanan berformalin sejak dini.

    Makanan berformalin tidak rusak beberapa hari dan teksturnya begitu kental. Selain itu, juga tak dihinggapi lalat. Pada ikan, warnanya tak cemerlang. Warna insang terlalu merah atau merah tidak wajar.

    Sebuah gudang tempat penyimpanan ikan di Muara Baru, Jakarta Utara, digerebek Polisi Air Polda Metro Jaya, kemarin. Sedikitnya 150 ton berbagai jenis ikan yang baru saja diimpor dari Cina dan Pakistan disita, karena diduga mengandung formalin.

    Hingga kini polisi belum menetapkan satu orang pun menjadi tersangka karena masih menunggu proses penyelidikan lanjut
    [url]http://berita.liputan6.com/read/356340/kenali-ciri-makanan-berformalin[/url]

    misalnya bakso yang berformalin -- adalah jika dipegang kenyal dan terlihat lebih kalis, serta tidak cepat busuk.
    Begitu juga mi yang diberi formalin akan lebih kenyal dan terlihat mangkilat, dan akan lebih awet.
    Makanan yang mengandung bahan berbahaya, katanya, biasanya dijual dengan harga murah. "Oleh karena itu, jangan membeli makanan yang murah, karena yang mahal lebih sehat sebagai contoh daging ayam kampung tiren, harganya lebih murah," katanya.

    'modus' penjual gorengan yang ingin praktis, adalah melakukan cara: plastik pembungkus minyak goreng tidak dibuang tetapi begitu wajan panas, plastik berisi minyak goreng langsung dimasukkan wajan.

    "Minyak goreng yang mengandung plastik tersebut tentu meresap di gorengan dan berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, Dinkes Semarang selalu melakukan pembinaan di kantin sekolah, guru bimbingan dan penyuluhan (BP), usaha kesehatan sekolah (UKS) dan dokter kecil,"
    [url]http://id.she.yahoo.com/ini-tanda-makanan-mengandung-formalin-003515225.html[/url]
    "the people who are trying to make this world worse aren't taking a day off. How can I?" (Bob Marley)

  3. #13
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Rawamangun
    Posts
    355
    Nama asli
    Malcolm X
    Rep Power
    79
    Makanan Anak di Indonesia Biang Kanker
    Rabu, 09 Agustus 2006 15:06:00

    Jakarta-RoL-- Sebuah penelitian lembaga konsumen di Jakarta menemukan pelanggaran hukum produsen makanan anak-anak di Indonesia yaitu penggunaan pemanis buatan yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan anak di antaranya kanker dan keterbelakangan mental.

    "Survey yang kami lakukan Juni-Juli 2006 pada 49 makanan anak-anak membuktikan makanan itu mengandung pemanis buatan berbahan kimia. Penggunaan bahan pemanis buatan kimia ini mempunyai aturan dan ketentuan khusus yang dilanggar oleh para produsen makanan anak-anak itu," kata Direktur Program Lembaga Konsumen Jakarta (LKJ) As'ad Nugroho, dalam konferensi pers LKJ di Jakarta, Rabu.

    Makanan yang diteliti melalui metode survey dan uji laboratorium pada makanan anak itu terdiri dari produk makanan jenis jelly, minuman serbuk dan permen, mulai dari produk yang sudah maupun belum ternama.

    "Makanan tersebut paling banyak dikonsumsi anak-anak karena rasa manisnya tinggi," kata As'ad.

    Hasil penelitian membuktikan ketiga jenis makanan yang digandrungi anak-anak itu mengandung aspartam, Sakarin dan Siklamat, bahan kimia yang dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penyakit fatal bagi bocah.

    Ketiga bahan kimia tersebut penggunaannya telah diatur dalam Permenkes No.208 1985 Pasal 10 dan Keputusan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) No HK 00.05.5.1.4547 tahun 2004. Peraturan itu menentukan bahwa makanan yang mengandung pemanis buatan harus mencantumkan jenis dan jumlah pemanis buatan dalam komposisi bahan atau daftar tabel.

    Tiga pemanis kimia itu juga merupakan pemanis buatan kimia non kalori yang penggunaannya sesuai ketentuan Permenkes No.208 1985 hanya diperuntukkan bagi penderita 'diabetes mellitus', dan orang yang sedang diet kalori akibat obesitas.

    "Tapi pemanis buatan kimia di lapangan industri makanan cenderung digunakan produsen karena alasan efisiensi. Bayangkan saja, sakarin mempunyai tingkat kemanisan 200-700 kali kemanisan gula, siklamat tingkat kemanisannya 30-80 kali kemanisan gula dan aspartam 200 kali kemanisan gula," kata As'ad.

    Menurut Keputusan Kepala BPOM No HK 00.05.5.1.4547 Th 2004 pasal 2 butir 2 menyebutkan bahwa 'pemanis buatan digunakan pada pangan rendah kalori dan pangan tanpa penambahan gula'.

    Dari hasil penelitian LKJ pada 49 makanan anak-anak itu, semua makanan anak tersebut mengandung pemanis buatan (sakarin, aspartam dan siklamat) duapuluh di antaranya merupakan campuran antara pemanis alami dan pemanis buatan yang melanggar ketentuan dalam Keputusan BPOM.

    Dua di antara produk minuman serbuk tidak mencamtumkan peringatan pada penderita fenilketonuria padahal dua minuman itu mengangung aspartam.

    Penderita penyakit fenilketonuria tidak diperkenankan mengkonsumsi aspartam.

    Menurut peneliti di LKJ, dr.Nurhasan, ketiga bahan kimia itu boleh dikonsumsi tubuh manusia yang berusia lebih dari 15 tahun atau sesuai ketentuan nilai ADI (Acceptable Daily intake; jumlah pemanis buatan dalam mg/kg berat badan yang boleh dikonsumsi tiap hari sepanjang hidup).

    Permasalahannya, ketentuan ADI dibuat untuk ukuran tubuh dalam taksiran berat tubuh orang dewasa atau mengambil rata-rata 45 kg, sedangkan tubuh anak-anak rata-rata di bawah 35 kg.

    "Tubuh anak-anak belum dapat mentoleransi kandungan kimia dari pemanis buatan itu," kata Nurhasan.

    Dia mengatakan, Sakarin aspartam dan siklamat dapat mengakibatkan anak menjadi hiperaktif, keterbelakangan mental dan dalam jangka panjang beresiko kanker.

    Sementara peneliti LKJ, Lies Purnama Sari mewakili LKJ mengatakan sudah saatnya pemerintah berlaku tegas dalam mengawasi dan menertibkan klaim atau pelabelan produk-produk pengan yang mengandung pemanis buatan, termasuk menegakkan peraturan-peraturan mengenai pemanis buatan dengan sungguh-sungguh.

    Selain itu, LKJ juga meminta pemerintah membatasi penggunaan pemanis pada produk pangan anak-anak dan penggunaan pemanis buatan hanya dikhususkan bagi penderita diabetes dan diet obesitas.

    Ia mengajak msyarakat untuk tidak mengkonsumsi makanan berpemanis buatan.

    "Selama masih ada pemanis alami, penggunaan pemanis buatan sebisa mungkin dihindari masyarakat," katanya. antara/abi
    [url]http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/anak/anak090806a.htm[/url]
    "the people who are trying to make this world worse aren't taking a day off. How can I?" (Bob Marley)

  4. #14
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    2,078
    Nama asli
    Didit Bramantya
    Rep Power
    103
    ada lagi tuh yang serem... keripik pedes yang lagi banyak beredar di pasaran ternyata ada yang ngaco juga tuh bikinnya...

    gw liat di tipi, bubuk cabenya pake pewarna textil, cabe yang dipake juga cabe busuk, trus ditambah balsem gosok buat nambahin rasa pedesnya... ngaco dah pokoknya...

    ciri2 keripik pedes yang legal, warnanya coklat pucet, dan ada cap bpom'nya.. kalo yang ilegal, warnanya lebih merah, dan bungkusnya polos...

    "I have neither the skills, desire, nor the gear to try and emulate anyone..."

  5. #15
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    Bambu Apus, Jakarta Timur
    Posts
    970
    Nama asli
    Cahyo Hanggoro
    Rep Power
    69
    merk nya aneh-aneh

    [URL="http://www.facebook.com/groups/gengfl/"]Geng Fruity Loops Official[/URL]
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Geng-Fruity-Loops/271372689541322"]Geng Fruity Loops Fans Page[/URL]
    Spoiler:
    FB : [email]vanthebroke@gmail.com[/email]
    YM : [email]vanthebroke@yahoo.com[/email]
    Twitter : @vanthebroke
    HP : 081315796900

  6. #16
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Rawamangun
    Posts
    355
    Nama asli
    Malcolm X
    Rep Power
    79
    Quote Originally Posted by kakashi View Post
    yang pasti sih harusnya indomie , susu coklat ultra jaya dan indomilk(mengandung kadar gula yang mayan tinggi), snack juga termasuk... gua serem makan makanan jaman sekarang kalo diliat dari bahan yang digunakan (ingredients) kebanyakan kimiawi, tapiiii katanya kalo dimakan jarang nga napa napa...nah BPOM sini kerjanya juga nga jelas, nga informatif ke konsumen sama sekali, nga informatif apa nga kerja yah???
    Mungkin ini penyebabnya

    "the people who are trying to make this world worse aren't taking a day off. How can I?" (Bob Marley)

  7. #17
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Rawamangun
    Posts
    355
    Nama asli
    Malcolm X
    Rep Power
    79

    Kanker

    4 Makanan Penyebab Kanker
    Adakah makanan yang bisa menyebabkan kanker, jawabnya belum pernah ada kecuali cuma dugaan saja. Termasuk 4 makanan berikut ini yang bisa memicu penyakit kanker.

    Makanan Pemicu Kanker. :

    1. Sate.
    Yang dimaksud adalah mengenai cara memasaknya. Memasak yang kurang tepat bisa jadi pemicu kanker. Bila kita membakar daging (sate) di atas api dengan suu tinggi, maka akan terbentuk senayawa HCA atau Amina Heterosiklis.

    HCA ini merupakan reaksi protein hewani selama proses memasak dan diduga sebagai radikal bebas yang dapat mencetuskan sakit kanker.

    Cara aman mengkonsumsi daging ya dimasak, dikukus, direbus secara perlahan agar tidak menghasilkan HCA.

    [URL="http://www.globalhealingcenter.com/health-hazards-to-know-about/chlorine-cancer-and-heart-disease"]2. Teh Celup.[/URL]
    Yang dimaksud bukan tehnya, namun pembungkus teh celup tersebut yang biasanya terbuat dari bahan yang mengandung klorin.

    Klorin adalah suatu zat kimia yang biasa digunakan pada industri kertas sebagai pemutih dan disinfektan kertas. Nah, klorin yang terdapat dalam pembugkus teh celup tadi larut dan jumlahnya besar, kemungkinan bisa memicu kanker.

    Cara amannya adalah dengan mencelupkan teh celup tidak lebih dari 3 menit kemudian diambil dari gelasnya.

    3. Makanan yang Diawetkan.
    Diduga, sodium nitrat akan terdapat dalam semua makanan yang mengandung pengawet yang berperan membentuk komponen N-Nitroso semacam zat karsinogenik.

    [URL="http://www.healthfoodspages.info/wp/id/article/artificial-sweeteners-a-bitter-truth/"]4. Pemanis Buatan atau Aspartame.[/URL]
    Aspartame merupakan suatu pemanis buatan rendah kalori yang biasa digunakan sebagai pengganti gula untuk penderita diabetes,sebagai pemanis pada berbagai makanan dalam kemasan.

    Cara aman ya pilih saja pemanis buatan yang sudah diapprove oleh pemerintah.

    Cara Mencegah Kanker.
    Selain hati-hati terhadap makanan yang akan dikonsumsi (selektif), cara terbaik lain adalah:
    1. Menjaga pola hidup sehat dan seimbang.
    2. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol.
    3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berpengawet.
    4. Mengkonsumsi sayuran hijau.
    5. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin A, Beta Karoten, C dan vitamin E.

    Sumber :
    [url]http://obatsakit2011.blogspot.com/2011/12/4-makanan-penyebab-kanker.html[/url]
    [url]http://www.tanyadokteranda.com/kesehatan/2011/01/mitos-seputar-makanan-penyebab-kanker/[/url]
    [url]http://www.qualityhealth.com/eating-nutrition-articles/5-foods-could-cause-cancer[/url]
    [url]http://www.cancerhelps.com/kanker.htm[/url]
    [url]http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1027050885,57134[/url]
    [url]http://www.globalhealingcenter.com/health-hazards-to-know-about/chlorine-cancer-and-heart-disease[/url]
    "the people who are trying to make this world worse aren't taking a day off. How can I?" (Bob Marley)

  8. #18
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    66
    Nama asli
    thoni hermansyah
    Rep Power
    48
    wow, ternyata jam sekarang banyak juga ya, makanan yg berbahaya..
    ckckck

  9. #19
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Rawamangun
    Posts
    355
    Nama asli
    Malcolm X
    Rep Power
    79
    Quote Originally Posted by slasherzzz View Post
    wow, ternyata jam sekarang banyak juga ya, makanan yg berbahaya..
    ckckck
    Justru semakin menggila .. demi mengejar keuntungan dengan cara yang praktis dan murah tanpa mempedulikan dampaknya .. zat kimia lah satu2nya tersebut
    "the people who are trying to make this world worse aren't taking a day off. How can I?" (Bob Marley)

  10. #20
    Join Date
    Oct 2007
    Location
    Rawamangun
    Posts
    355
    Nama asli
    Malcolm X
    Rep Power
    79
    BPOM Surabaya Temukan Makanan Berformalin
    Nasional / Rabu, 22 Februari 2012 22:07 WIB

    Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sejumlah makanan mengandung formalin di Pasar Genteng, Surabaya, Jawa Timur.

    "Dari 27 sampel yang diambil, sembilan sampel di antaranya merupakan makanan yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan," kata Kepala (BPOM) Surabaya, Lucky S. Slamet saat inspeksi mendadak di Surabaya, Rabu (22/2).

    Temuan itu, menurut dia, berupa pangan segar yang mengandung formalin seperti sawi, tahu sumedang, mie basah, dan manisan mangga. "Selain itu, kami juga menemukan kerupuk mengandung rhodamin dan produk impor ilegal asal Shanghai merek 'Jelly Candy Drop' yang mengandung formalin," ujarnya.

    Pengawasan barang beredar itu juga pernah dilaksanakan pada 2011 dengan ditemukan adanya dua kontainer produk pangan impor yang tidak memenuhi ketentuan pemerintah di Surabaya. "Kegiatan ini kami lakukan bersama Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB)," katanya.

    Tim tersebut, lanjutnya, terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Bareskrim Mabes Polri, Ditjen Bea dan Cukai, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim.

    "Upaya pengawasan melalui inspeksi mendadak ini sekaligus bertujuan meningkatkan pengawasan barang beredar secara terpadu," katanya.

    Ia optimistis, tindakan tersebut dapat melindungi konsumen dari beredarnya produk baik pangan maupun nonpangan yang tidak memenuhi ketentuan berlaku.

    "Di sisi lain, kami harap pengawasan ini memberikan jaminan bahwa hak konsumen terlindungi dengan produk yang sesuai standar SNI," katanya.

    Ke depan, lanjut dia, pengawasan yang diwujudkan akan dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing dengan menghasilkan produk bermutu.

    "Bahkan bisa menciptakan iklim perdagangan dalam negeri yang sehat dan kondusif," katanya.(Ant/BEY)

    [url]http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/02/22/82753/BPOM-Surabaya-Temukan-Makanan-Berformalin/6[/url]
    "the people who are trying to make this world worse aren't taking a day off. How can I?" (Bob Marley)

  11. The Following User Says Thank You to ibu2pkk For This Useful Post:

    Moio (02-04-2012)

Page 2 of 4 FirstFirst 1234 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. makanan termantap di dunia
    By WiFi in forum Korner asik asik
    Replies: 37
    Last Post: 10-07-2009, 11:11
  2. Punggawa The Doors Dilarang Memakai Nama Grup
    By Indra YS in forum Korner musisi
    Replies: 4
    Last Post: 25-08-2008, 12:10

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •