Results 1 to 6 of 6

Thread: Modulasi atw Overtune?????

  1. #1
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    5
    Nama asli
    Steven
    Rep Power
    0

    Question Modulasi atw Overtune?????

    Pagi temn2 semua.........
    Gini, gw sering bingung dengan istilah modulasi n overtune, sebenernya kalo naik nada dari F ke G misalnya sebutannya modulasi atw overtune sih???
    Soalnya gw biasa pake istilah overtune, tp pas gw baca di salah satu buku, mereka pake istilah modulasi.

    Thx jawabannya

  2. #2
    Join Date
    May 2007
    Location
    Fish & Crocodile City
    Posts
    3,572
    Nama asli
    Daniel Renatan
    Rep Power
    127
    aku sotoy dikit ya..

    modulasi itu istilah untuk perpindahan nada dasar satu ke nada dasar lain.
    Overtune adalah bagian dari modulasi, tapi biasanya isitilah ini dipergunakan kalau perpindahannya adalah satu interval lebih tinggi (mis: F ke G), sedangkan modulasi dipakai untuk selebihnya....


    karena sotoy, jadi CMIIW ya...

    GBU.
    _____
    Guitar for God and Guitar for Good

  3. #3
    Join Date
    Nov 2010
    Posts
    5
    Nama asli
    Steven
    Rep Power
    0
    Oooo Gitu..Jd dapet pencerahan ni.

  4. #4
    Join Date
    May 2007
    Location
    Semarang
    Posts
    344
    Nama asli
    Yosi
    Rep Power
    82
    Istilah yang bener untuk perpindahan nada dasar adalah modulasi.

    Overtone itu adalah istilah untuk frekuensi yang lebih tinggi daripada frekuensi fundamental. Contoh : 880Hz adalah 1st overtone dari 440Hz.
    My name is Officer Pantsoffski...

  5. The Following User Says Thank You to RodjoTjoro For This Useful Post:

    key_wiz (09-11-2010)

  6. #5
    Join Date
    Jan 2009
    Location
    Batam
    Age
    30
    Posts
    710
    Nama asli
    Brian Joe
    Rep Power
    77
    Quote Originally Posted by Seventh String View Post
    aku sotoy dikit ya..

    modulasi itu istilah untuk perpindahan nada dasar satu ke nada dasar lain.
    Overtune adalah bagian dari modulasi, tapi biasanya isitilah ini dipergunakan kalau perpindahannya adalah satu interval lebih tinggi (mis: F ke G), sedangkan modulasi dipakai untuk selebihnya....


    karena sotoy, jadi CMIIW ya...

    GBU.
    Setuju ama Om Daniel....
    Waktu Vocal Grup Dulu Sering Banget Pake Modulasi n Overtone..
    Dulunya Ga Ngerti, Tp Stlh Dijelasin Ama Gurunya Jd Ngerti...
    [URL="http://www.brian7oe.com/"]http://www.brian7oe.com/[/URL]

  7. #6
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Ciputat with its new fly over!
    Posts
    1,311
    Nama asli
    Yessi Kristianto
    Rep Power
    109
    Quote Originally Posted by RodjoTjoro View Post
    Istilah yang bener untuk perpindahan nada dasar adalah modulasi.

    Overtone itu adalah istilah untuk frekuensi yang lebih tinggi daripada frekuensi fundamental. Contoh : 880Hz adalah 1st overtone dari 440Hz.
    Ini penjelasan yg paling tepat

    Mungkin (ini mungkin lho ya, CMIIW) kata 'overtone' atau 'overtune' yang sekarang "terlanjur" sering dipakai itu berasalnya dari bahasa Belanda "oper", yang artinya pindah, dan "tune" yg artinya nada. Digabung, artinya jadi "pindah nada". Yaah karena Indonesia ini bekas jajahan Belanda, mungkiiiiiiin terpengaruh dari situ... Hehehehehe...

    Tapi memang, secara teori musik, kata 'overtune' atau 'overtone' nggak digunakan untuk menyatakan perpindahan nada dasar. Yang dipakai, selain kata 'modulasi', ada juga kata 'transposisi'.
    [URL="http://www.facebook.com/people/Yessi-Kristianto/695902748"][/URL]

  8. The Following User Says Thank You to key_wiz For This Useful Post:

    RodjoTjoro (11-11-2010)

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. pedal modulasi rekomendasi...
    By jemini in forum Serba serbi efek gitar
    Replies: 60
    Last Post: 08-07-2013, 06:50
  2. kee... - smilling overtune
    By vintage_lover in forum Korner Promosi Musisi & Band
    Replies: 0
    Last Post: 11-05-2009, 12:48

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •