Results 1 to 7 of 7

Thread: [TEORI] Landasan Prinsip Modal

  1. #1
    Join Date
    May 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    46
    Nama asli
    Viki Dwi Yanuar
    Rep Power
    60

    [TEORI] Landasan Prinsip Modal

    Hai semuanya,

    sebenernya saya bingung mau ngeletakin thread ini dimana karena materi yang akan saya sampein ini berupa sejarah singkat tentang musik yang sekarang ini kita dengar. Tahukah anda bahwa musik-musik klasik, pop, rock, jazz, dan semua musik yang berdasarkan sistem tonal (pusat nada) itu dulunya berakar dari sistem modal yang berasal dari musik monofoni jaman Gregorian??

    Musik yang kita sering kita dengar saat ini bersumber pada musik Eropa. Sedangkan musik Eropa mula-mula bersumber pada aturan-aturan dasar tinggi-rendah nadanya yang bernama "modal". Modal berarti setiap karya musik berasal dari salah satu jajaran nada dengan jarak interval yang tertentu dan tidak ada hubungan khusus antara masing-masing not tangga nada tersebut, kecuali nada dasar yang merupakan "pusat" (finalis tangga nada modal).

    Prinsip modal berasal dari musik "monofon", yaitu satu lagu saja atau satu melodi line yang dinyanyikan oleh satu atau beberapa orang. Dalam hal ini prinsip modal mirip dengan salah satu prinsip dalam musik karawitan yaitu sistem pelog/salendro, karena tangga nada pelog/salendro lebih berhubungan dengan karakter melodi yang monofon (horizontal) dan terdapat nada dasar juga sebagai "pusat". Perbedaan dengan prinsip modal di Eropa dapat ditemukan dalam rangka ketentuan interval, karena di Indonesia tidak ada standardisasi jarak interval. Kenyataan ini bukan merupakan kekurangan melainkan perbedaan yang berdasaran estetika musik (sejarah, tradisi budaya) yang berbeda.

    Kemudian apabila kita menganalisis berbagai lagu monofon yang kuno, tampaknya unsur-unsur pentatonis juga ada, sehingga ahli musikolog di seluruh dunia menduga : prinsip pentatonis merupakan semacam sumber masing-masing sistem tangga nada di dunia ini. Ternyata, terdapat beberapa budaya musik yang tetap mengembangkan prinsip pentatonis seperti Indonesia misalnya. Sedangkan di Eropa, unsur-unsur pentatonis diubah melalui sistem tangga nada modal. Padahal, karakter pentatonis masih sering muncul pada beberapa karya-karya musik Barat sebagai simbol "paling alami".

    Ada beberapa karya musik di Eropa dengan unsur-unsur pentatonis:
    1. Musik monofon abad ke-7 yang namanya "Lagu Gregorian"
    2. Karya Claude Debussy yang berjudul "Epigraphes Antique"
    3. Karya Franz Schubert yang berjudul "Fruhlingstraum"


    to be continued.......
    I like jazz, I like piano, I like composing, I like arranging, I like music and I love it. I like music-teaching too. I like writing and reading.

    FB : [email]vikimusik@gmail.com[/email]

    [URL="http://reverbnation.com/vikidwiyanuar"]http://reverbnation.com/vikidwiyanuar[/URL]


  2. The Following 2 Users Say Thank You to vikimusik For This Useful Post:

    Hadoitz (25-06-2010), Seventh String (02-07-2010)

  3. #2
    Join Date
    May 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    46
    Nama asli
    Viki Dwi Yanuar
    Rep Power
    60
    untuk moderator... sepertinya saya melakukan kesalahan... saya sebenernya bingung mau bikin thread ini dimana, seharusnya di korner aliran atau di korner teori instrumen musik. Karena dibilang aliran juga iya, dan dibilang teori juga iya.

    gmn neeh sebaiknya??
    I like jazz, I like piano, I like composing, I like arranging, I like music and I love it. I like music-teaching too. I like writing and reading.

    FB : [email]vikimusik@gmail.com[/email]

    [URL="http://reverbnation.com/vikidwiyanuar"]http://reverbnation.com/vikidwiyanuar[/URL]


  4. #3
    Join Date
    Nov 2008
    Location
    Malang
    Age
    26
    Posts
    924
    Nama asli
    Hadyan Qashidi
    Rep Power
    81
    Kalo mnurut gw kayaknya lebih bener di teori bro
    Reach me on:
    [URL="http://hadyanqashidi.wordpress.com"]Blog[/URL] | [URL="http://www.facebook.com/hadyanq"]Facebook[/URL] | [URL="http://www.twitter.com/hadyanq"]Twitter[/URL] | [URL="http://www.youtube.com/hadoitz"]YouTube[/URL]

  5. #4
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Selatan Jakarta
    Posts
    12,636
    Nama asli
    Faisal
    Rep Power
    262
    udah bener nih.. di korner teori aja. btw nice thread.. ditunggu lanjutannya
    [URL="http://www.facebook.com/pages/Bengkel-Musik/88620690451?ref=mf"]
    [/URL]

  6. #5
    Join Date
    May 2010
    Location
    Bandung
    Posts
    46
    Nama asli
    Viki Dwi Yanuar
    Rep Power
    60

    Thumbs up [TEORI] Landasan Prinsip Modal (part 2)

    Sistem modal yang berkembang sekitar abad 6/7, berdasarkan salah satu struktur yang namanya “tetrachord” (susunan 4 nada). Istilah ini berasal dari teori musik Yunani (sama seperti nama-nama masing-masing tangga nada modal), walaupun penggunaannya pada musik modal sangat berbeda . Pada dasarnya jajaran 4 nada itu merupakan landasan untuk 4 tangga nada modal dengan nama-nama dan ciri-ciri khasnya:
    1. Dorian
    Dari “d” sampai ke oktaf “d” (“c” di bawah bisa muncul juga). Nada “d” merupakan nada dasar (finalis), sedangkan nada “a” berfungsi sebagai reperkussa (nada yang diutamakan buat bagian yang resitatifis. Nada “b” atau “bes” bisa muncul sesuai dengan kelanjutan lagu, sedangkan nada “c” selalu dinyanyikan “c#” pada saat penyelesaian satu frase atau lagu lengkap. Bahkan sampai abad ke 16/17, alterasi nada “c” menjadi “c#” belum pernah ditulis para komposer, akan tetapi dalam praktek selalu direalisasikan demikian
    2. Phrygian
    Dari “e” sampai ke oktaf “e”. Yang khas pada phrigian adalah jarak setengah dari atas ke nada dasar, yang masih merupakan unsur dalam sistem tonal juga
    3. Lydian
    Dari “f” sampai ke oktaf “f”. Tangga nada ini memang jarang dipakai oleh karena jarak “f” ke “b” yaitu kuart lebih yang “disonan”. Malah “b” kebanyakan diubah menjadi “bes”, walaupun ciri khas lydian semakin hilang
    4. Mixolydian
    Dari “g” sampai ke oktaf “g”. Tangga nada ini sudah dari awal terasa mempunyai rasa “gembira” dan “tonal”, sehingga sering dipakai pada lagu rakyat kuno juga.

    Keempat tangga nada modal itu merupakan semacam “jajaran” nada saja. Lagu-lagu yang dicipta mempunyai berbagai ciri-ciri khas intervalis bahkan motifis yang menyebabkan kesan tertentu, karakter mana yang dimaksudkan komposernya.

    Di samping empat jenis tangga nada modal itu, masing-masing bisa muncul dengan struktur yang sedikit berbeda. Kalau versi asli bernama “autentik”, variasinya bernama plagal (atau menjadi hypo-dorian, hypo-phrygian, hypo-lydian dan hypo-mixolydian) Perbedaan tersebut tidak meliputi nada dasar (finalis) akan tetapi wilayah masing-masing nada. Bagi jenis “autentik”, nada dasar memang di bawah, sedangkan “plagal” jarak nadanya dari kwart di bawah finalis sampai kuin di atas finalis (dengan kata lain: satu oktaf “keliling” nada dasar).

    Pada abad ke 15/16 seorang ahli teori musik bernama Glareanus pernah merumuskan peluasan sistem modal dengan tambahan tangga nada modal “ionian”, “aeolian” (secara teoretis “locrian” – dari “b” sampai ke oktaf “b” – juga, tetapi belum pernah dipakai waktu itu). Sebenarnya tangga nada modal itu sudah muncul beberapa kali sebelumnya, tetapi Glareanus yang menentukannya secara resmi.

    To be continued.............
    I like jazz, I like piano, I like composing, I like arranging, I like music and I love it. I like music-teaching too. I like writing and reading.

    FB : [email]vikimusik@gmail.com[/email]

    [URL="http://reverbnation.com/vikidwiyanuar"]http://reverbnation.com/vikidwiyanuar[/URL]


  7. The Following User Says Thank You to vikimusik For This Useful Post:

    Seventh String (02-07-2010)

  8. #6
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    Ciputat with its new fly over!
    Posts
    1,311
    Nama asli
    Yessi Kristianto
    Rep Power
    108
    @vikimusik : threadnya gw gabungin ya bro, biar lebih gampang bacanya... okay2?
    [URL="http://www.facebook.com/people/Yessi-Kristianto/695902748"][/URL]

  9. #7
    Join Date
    May 2007
    Location
    Fish & Crocodile City
    Posts
    3,572
    Nama asli
    Daniel Renatan
    Rep Power
    126
    izin menyimak...
    _____
    Guitar for God and Guitar for Good

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Replies: 13
    Last Post: 06-10-2010, 09:15
  2. Gimana sih teori bikin suara 2,3,dll
    By rocketmail in forum Korner teori & serba serbi vokal
    Replies: 11
    Last Post: 25-06-2010, 03:27
  3. Mengaplikasikan Teori
    By Hadoitz in forum Korner teori instrumen musik
    Replies: 17
    Last Post: 12-05-2010, 08:45
  4. semua teori bermain rock
    By axelzzz in forum Korner teori gitar
    Replies: 19
    Last Post: 18-06-2009, 11:24
  5. Teori Baru Kematian Jim Morrison
    By keri in forum Korner musisi
    Replies: 9
    Last Post: 03-04-2009, 09:13

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •