Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12

Thread: Belajar Bass Jazz

  1. #1
    Join Date
    May 2010
    Location
    Solo Spirit of Java
    Age
    27
    Posts
    20
    Nama asli
    Jehesqiel Agha Satria
    Rep Power
    56

    Question Belajar Bass Jazz

    Salam gan....
    mo nanya sarannya neh....wat belajar bass Jazz gmn ya..?
    thx b4 wat sarannya...
    salam...

  2. #2
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Depok - Tarakan
    Posts
    1,097
    Nama asli
    yudo bintang
    Rep Power
    93
    persiapkan software pendukung buat belajar seperti Band in Box
    Trus latihan Walking 1357 maenin blues 12 bar

    |F |Bb|F |F |
    |Bb|Bb|F |D |
    |G |C |FD|GC|

    bisa juga tulis2 cord yang lu mau di band in box
    Trus dengerin aj trus menerus lagu2 Jazz, biar kuping terbiasa dan pda akhirnya turun k hati

  3. The Following 2 Users Say Thank You to yurist_star For This Useful Post:

    jehesql (11-06-2010), rocketmail (27-07-2010)

  4. #3
    Join Date
    May 2010
    Location
    Solo Spirit of Java
    Age
    27
    Posts
    20
    Nama asli
    Jehesqiel Agha Satria
    Rep Power
    56
    Quote Originally Posted by yurist_star View Post
    persiapkan software pendukung buat belajar seperti Band in Box
    Trus latihan Walking 1357 maenin blues 12 bar

    |F |Bb|F |F |
    |Bb|Bb|F |D |
    |G |C |FD|GC|

    bisa juga tulis2 cord yang lu mau di band in box
    Trus dengerin aj trus menerus lagu2 Jazz, biar kuping terbiasa dan pda akhirnya turun k hati
    Makasih gan wat sarannya...
    tp maap ane g tau yg namanya walking 1357 ama blues 12 bar apaan yah...?
    cz newbie neh belajar bass aliran jazz....
    mohon bantuannya ya gan...

  5. #4
    Join Date
    Aug 2008
    Location
    Depok - Tarakan
    Posts
    1,097
    Nama asli
    yudo bintang
    Rep Power
    93
    Blues 12 bar itu adalah sebuah lagu yang terdiri dari 12 bar dan cordnya yang udah gw kasih diatas itu, nih gw tampilin lagi :

    |F |Bb|F |F |
    |Bb|Bb|F |D |
    |G |C |FD|GC|

    walking itu nama jenis permainan dalam swing (bener g ya penjelasan gw yg ini, maap klo salah yg gw tangkep bgini dah yg dmaksud dgn walking hehe)
    nah 1357 itu :

    Tangga Nada
    Scales degres : 1 2 3 4 5 6 7 8
    Scales Tones : C D E F G A B C

    jadi walking dari cord C: 1,3,5,7 : C E G B

    F: 1,3,5,7 : F A C E
    1 2 3 4 5 6 7 8
    F G A B C D E F (1357=FACE)
    tinggal translate aja lagi ke cord yang lainnya untuk belajar walking & swing

  6. The Following User Says Thank You to yurist_star For This Useful Post:

    jehesql (18-06-2010)

  7. #5
    Join Date
    May 2010
    Location
    Solo Spirit of Java
    Age
    27
    Posts
    20
    Nama asli
    Jehesqiel Agha Satria
    Rep Power
    56
    Quote Originally Posted by yurist_star View Post
    Blues 12 bar itu adalah sebuah lagu yang terdiri dari 12 bar dan cordnya yang udah gw kasih diatas itu, nih gw tampilin lagi :

    |F |Bb|F |F |
    |Bb|Bb|F |D |
    |G |C |FD|GC|

    walking itu nama jenis permainan dalam swing (bener g ya penjelasan gw yg ini, maap klo salah yg gw tangkep bgini dah yg dmaksud dgn walking hehe)
    nah 1357 itu :

    Tangga Nada
    Scales degres : 1 2 3 4 5 6 7 8
    Scales Tones : C D E F G A B C

    jadi walking dari cord C: 1,3,5,7 : C E G B

    F: 1,3,5,7 : F A C E
    1 2 3 4 5 6 7 8
    F G A B C D E F (1357=FACE)
    tinggal translate aja lagi ke cord yang lainnya untuk belajar walking & swing

    Makasih gan...
    berguna bgt dah....hehehe...
    Last edited by jehesql; 18-06-2010 at 01:18.

  8. #6
    Join Date
    May 2010
    Location
    Bogor
    Posts
    60
    Nama asli
    Marcel
    Rep Power
    57
    belajar jaz gman dulu bro? cabangny byk bgt. KLo yg dijelasi di atas sich walking bass buat swing dkk.

  9. #7
    Join Date
    May 2010
    Location
    Solo Spirit of Java
    Age
    27
    Posts
    20
    Nama asli
    Jehesqiel Agha Satria
    Rep Power
    56
    Quote Originally Posted by mpsegara View Post
    belajar jaz gman dulu bro? cabangny byk bgt. KLo yg dijelasi di atas sich walking bass buat swing dkk.
    wah...mang jazz ada aliran apa aja gan....ane ga tau tuh....
    tulung kasih tau ya gan....
    makaseh

  10. #8
    Join Date
    May 2010
    Location
    Bogor
    Posts
    60
    Nama asli
    Marcel
    Rep Power
    57
    byk bro ada yg model swing2 jd bassline walking bass

    ada yg model fusion. Inih lbh variatif. Bisa grooveny samba, salsa, rnb, pop, rock, dangdut,blues dll cma progresi chordy tetep jazz. jd mo bljr g mana jd bisa disesuain ama yg ngasih tau bro, ok?? slamat belajar deh.

  11. The Following User Says Thank You to mpsegara For This Useful Post:

    jehesql (19-08-2010)

  12. #9
    Join Date
    Apr 2007
    Posts
    2,312
    Nama asli
    asli
    Rep Power
    114
    Quote Originally Posted by yurist_star View Post
    Blues 12 bar itu adalah sebuah lagu yang terdiri dari 12 bar dan cordnya yang udah gw kasih diatas itu, nih gw tampilin lagi :

    |F |Bb|F |F |
    |Bb|Bb|F |D |
    |G |C |FD|GC|

    walking itu nama jenis permainan dalam swing (bener g ya penjelasan gw yg ini, maap klo salah yg gw tangkep bgini dah yg dmaksud dgn walking hehe)
    nah 1357 itu :

    Tangga Nada
    Scales degres : 1 2 3 4 5 6 7 8
    Scales Tones : C D E F G A B C

    jadi walking dari cord C: 1,3,5,7 : C E G B

    F: 1,3,5,7 : F A C E
    1 2 3 4 5 6 7 8
    F G A B C D E F (1357=FACE)
    tinggal translate aja lagi ke cord yang lainnya untuk belajar walking & swing
    klo udah bisa yang di atas itu, lanjutin pake pendekatan chromatic..
    intinya adalah walking bass dengan menggunakan nada setengah di bawah dan setengah di atas dari nada 1 dan 5..

    contoh di 12 bar blues Do = F

    bar 1 chord F : f b c b
    bar 2 chord Bmol : bmo F Bmol F#
    bar 3 chord F : F E F c
    bar 4 chord F : f b c b
    bar 5 chord Bmol : bmol E F B
    bar 6 chord Bmol : Bmol E F c
    bar 7 chord F : f b c c#
    bar 8 chord Dminor : d g# a g#
    bar 9 chord Gminor : g c# d c#
    bar 10 chord C : c F# G F#
    bar 11 chord F - Dminor : F c# d g#
    bar 12 chord G - C : g b c f#

    notes:
    1. huruf kecil = nada rendah, HURUF BESAR = NADA TINGGI
    2. berdoa dan tutup facebook BB nya sebelum melakukan latihan tersebut..
    Last edited by vedy; 27-07-2010 at 04:12.

  13. The Following 2 Users Say Thank You to vedy For This Useful Post:

    jehesql (19-08-2010), yurist_star (28-07-2010)

  14. #10
    Join Date
    Dec 2008
    Location
    jakarta, city of pollution...
    Posts
    285
    Nama asli
    Tri Yoga Pratomo Adi
    Rep Power
    69
    Quote Originally Posted by yurist_star View Post
    persiapkan software pendukung buat belajar seperti Band in Box
    Menanggapi pesan:
    "Hello rocketmail, sepertinya anda sudah lebih dari dua minggu tidak posting di forum Bengkel Musik. Silahkan sering-sering posting, ajukan pertanyaan, reply topik-topik yang menarik bagi anda, beri jawaban / pertolongan bagi yang membutuhkan, atau sekedar terlibat diskusi di salah satu Korner Bengkel Musik.", maka gue mau posting deh..hahaha..kidding..

    Bro, mau tanya.. Itu sopware band in box itu fitur2 yang bisa mendukung kita buat belajar apa aja ya... bisa tlg dibantu deskripsi gitu..hehehe..thanks..
    you and i must fight for our rights...
    you and i must fight to survive...

    [URL=http://img535.imageshack.us/i/bass1.jpg/][/URL]

Page 1 of 2 12 LastLast

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Similar Threads

  1. Pengen Belajar Jazz
    By Jonathan d Flyingcat in forum Korner teori gitar
    Replies: 10
    Last Post: 28-03-2011, 12:59
  2. Pengen Belajar Jazz
    By Jonathan d Flyingcat in forum Korner asik asik
    Replies: 5
    Last Post: 21-03-2010, 10:20
  3. Belajar bass
    By Jegud in forum Korner teori bass
    Replies: 10
    Last Post: 13-07-2009, 10:52
  4. BELAJAR JAZZ DI surabaya?
    By rudy bravy in forum Korner serba serbi keyboard
    Replies: 5
    Last Post: 29-01-2009, 10:40

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •